Education

Manfaat Mengajarkan Si Kecil Berkebun

By  | 

Apakah di rumah Anda memiliki lahan cukup luas untuk berkebun, Mams? Jika ya, Anda bisa ajarkan Si Kecil menanam buah dan sayur, yang tentu saja banyak sekali manfaatnya lho. Dengan menanam di kebun sendiri bersama Si Kecil  otomatis Anda bisa belajar berkebun dengan benar agar tanaman tumbuh dengan baik. Sebaiknya, pilih buah-buahan dan sayuran yang mudah ditanam, cepat tumbuh, dan cepat dipanen, ya Mams. Anda bisa pilih jenis buah dan sayur berikut.

– Pisang.  Cukup  setahun saja waktu yang diperlukan untuk bisa menikmati buah yang merupakan sumber karbohidrat yang diperlukan untuk pembentukan energi.
– Bayam. Si hijau yang memiliki banyak vitamin ini siap dipanen pada umur 25 – 35 hari setelah ditanam.
-Jagung. Tanaman berambut pirang ini memerlukan waktu sekitar tiga bulan untuk siap dipanen. Jagung bisa menjadi sumber karbohidrat yang bisa diandalkan untuk pembentukan energi lho.


Berikut adalah manfaat  berkebun untuk Anak:
1. Menumbuhkan kecintaan Si Kecil terhadap alam dengan mengenal tanaman dan hewan di sekitar rumah.  Dari mulai caraa sebuah tanaman itu ditanam dari biji, dipupuk, hingga diberi air akan tumbuh rasa empatinya kepada semua makhluk. Anak bisa belajar pentingnya menyayangi tanaman hingga mengetahui cacing yang kecil pun bisa begitu bermanfaat.
2. Membuatnya  bergerak  lebih aktif. Libatkan Si Kecil membantu Anda meletakkan biji dan  menyiram tanaman. Saat bergerak aktif di luar, anak juga akan mendapat asupan vitamin D dari matahari untuk memaksimalkan pertumbuhan fisiknya.
3. Belajar memahami proses pertumbuhan. Si Kecil bisa melihat bukti, jika pohon yang kurang ‘minum’ atau ‘makan’ tentuny akan tumbuh layu. Dengan itu, Anda bisa mengajarkan anak bahwa tubuh pun memerlukan makanan dan minuman yang cukup untuk bertumbuh besar.(Yosi Avianti/LD/ Photo: Istockphoto.com)

Shares