Education

Ciri Day Care yang Kurang Baik untuk Si Kecil

By  | 

Tempat penitipan anak (day care) dipercaya mampu menjadi tempat penitipan anak yang aman dan nyaman, sekaligus menstimulasi perkembangan fisik dan psikologis Si Kecil bukan, Mamas? Namun, Anda juga harus jeli dalam dmemilih day care yang baik lho. Apa saja tanda day care yang kurang baik? Simak pembahasan Smart Mama berikut yuk, Mams.

1. Lihat reputasi. Untuk memastikan apakah day care tersebut baik atau tidak, Anda bisa tanyakan lebih spesifik mengenai day care kepada orangtua lain yang pernah menitipkan anaknya di day care tersebut. Jadi Anda mendapatkan masukan yang betul-betul jelas dari pengalaman mereka tersebut.

2. Peraturan tak jelas. Rumah penitipan anak cenderung bersifat kurang formal dan lebih fleksibel, namun tetap day care harus memiliki kebijakan jelas mengenai keamanan, kesehatan, program harian, ruang bermain, organisasi, dan sebagainya. Mintalah salinan peraturan tertulis dari day care yang Anda pilih.

3. Staf tidak memadai. Lakukan survei terlebih dahulu, sebelum Anda memasukkan Si Kecil ke day care. Perhatikan bagaimana staf berinteraksi dengan anak-anak dalam melakukan perawatan.

4. Perizinan tidak jelas. Tempat mengasuh anak yang kurang baik juga dapat dilihat dari statusnya. Pusat day care diharuskan memiliki perizinan usaha jelas dari pemerintah setempat, termasuk perizinan kesehatan dan keselamatan ya, Mams.

5. Keamanan. Keamanan fasilitas ruang bermain, peralatan simulasi, kesehatan, hingga keamanan pintu masuk day care haruslah terjamin. Jika keamanan day care yang Anda pilih kurang terjamin, misalnya peralatan bermain tidak terbuat dari bahan aman, carilah alternatif day care lain. (Yosi Avianti/LD/ Photo: Istockphoto.com)

Shares