Health

7 Aturan Simpel Hidup Sehat

By  | 

Mamas, Anda tidak perlu kok diet ketat hingga menghitung kalori harian atau olahraga keras dengan mengunjungi gym setiap hari selama lebih dari tiga jam untuk mendapatkan tubuh sehat. Sebenarnya jika Anda mengikuti tujuh aturan sederhana berikut, tubuh sehat nan bugar pun bisa jadi milik Anda lho. Yuk simak aturannya!

  1. Tinggalkan bad habit. Begadang, merokok, serta konsumsi alkohol sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan, apalagi jika usia Anda sudah tidak muda lagi lho Mams. Kini saatnya Anda meninggalkan berbagai kebiasaan tersebut. Batasi waktu begadang Anda, dan stop konsumsi rokok dan alkohol. Anda bisa menggantinya dengan konsumsi jus buah segar.
  2. Ganti latte Anda dengan teh. Smart Mama mengerti hal ini pasti sulit dilakukan bagi Anda pecinta kopi. Untuk mengatasinya, ganti latte Anda dengan teh. Jika Anda sangat menginginkan kopi, tak ada salahnya sesekali konsumsi minuman tersebut namun jangan jadikan hal tersebut sebagai ritual.
  3. Konsumsi dessert. Anda tentu heran sekaligus tertarik dengan aturan sehat satu ini. Yes Mamas, hidup sehat jangan sampai membuat Anda sengsara. Jika semua aturan sudah Anda terapkan, Anda harus mengimbangi dengan konsumsi dessert favorit. Tetapi ingat tetap batasi jumlahnya ya Mams.
  4. Olahraga teratur. Terkadang gym memang membosankan, oleh karena itu, Anda dapat menggantinya dengan jogging di sekitar rumah Anda sambil melihat pemandangan. Nah jika cuaca kurang bersahabat, lakukan yoga atau berenang di kolam renang indoor saja ya.
  5. Pelajari genetik Anda. Beberapa penyakit memang bersifat genetik, oleh karena itu ada baiknya Anda mempelajari penyakit keturnan dari keluarga. Hal ini berguna memacu Anda agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut.
  6. Say goodbye to soda! Minuman satu ini memang menyegarkan, apalagi jika cuaca sedang panas. Tetapi Mams, kalori yang dihasilkan sangat tinggi akibat kandungan gula sangat tinggi. Ganti soft drink Anda dengan minuman lebih sehat seperti yogurt cair, green tea, dan jus buah.
  7. Medical check up. Semakin bertambah usia Anda, maka semakin penting untuk melakukan cek kesehatan secara rutin, minimal setahun sekali. Hal ini guna mengetahui kondisi tubuh sekaligus mendekteksi kemungkinan adanya penyakit. Jika diketahui lebih awal, tentu akan lebih mudah ditanggulangi. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares