Finance

10 Kebiasaan yang Bisa Buat Anda Lebih Hemat

By  | 

Akhir-akhir ini Anda merasa pengeluaran bulanan semakin membengkak dan sudah mulai pusing membayar tagihannya, Mams? Jika Anda mengangguk setuju, artinya ini waktunya untuk mulai berhemat. Dimulai dari rumah saja, Anda sudah bisa mulai mengurangi tagihan-tagihan Anda lho, Mamas. Apa saja dan bagaimana caranya? Yuk simak jawabannya di bawah ini.

  1. Memasak. Apakah Anda termasuk orang yang sering makan di luar ketika jam makan siang di kantor? Atau lebih suka membeli makanan jadi daripada memasak? Dengan mengelola pengeluaran makan siang saja Anda bisa berhemat lho, Mams. Saat ini pengeluaran untuk makan siang bisa mencapai Rp 20.000 – Rp 50.000 untuk sekali makan siang di luar. Dengan membiasakan memasak sendiri di rumah, dan membawa bekal dari rumah, bisa lumayan menghemat dan lebih sehat kan, Mamas. Pengeluaran Anda pun untuk biaya makan sehari jadi hanya sekali saja.
  2. Hemat listrik. Seberapa sering Anda membiarkan alat elektronik tersambung dengan steker atau sumber listrik? Meskipun tak digunakan, peralatan elektronik seperti televisi atau charger handphone yang terhubung dengan sumber listrik tetap menyedot listrik lho. Biasakan mematikan peralatan elektronik yang tidak digunakan dan lepaskan dari sumber listriknya.
  3. Gunakan fasilitas bersama. Koneksikan jaringan internet di rumah dengan wifi sehingga Anda cukup hanya memiliki satu jaringan internet untuk semua perangkat elektronik berjaringan internet di rumah.
  4. Berkebun di rumah. Anda gemar berkebun? Bagaimana kalau menanam sendiri buah atau sayuran di halaman rumah Anda? Selain hasilnya bisa dinikmati sendiri, halaman pun jadi lebih asri deh, Mams. Tanam tomat atau cabai misalnya, maka Anda tak perlu lagi membelinya saat musim panen. Anda akan
  5. TV bersama. Selain jadi hemat listrik, meletakkan tv di ruang keluarga juga akan mempererat bonding Anda bersama anak-anak daripada meletakkannya di tiap kamar. Gunakan saat menonton TV bersama keluarga sebagai waktu bercengkrama dan mengajarkan anak arti toleransi.
  6. Kurangi iuran bulanan. Entah kita menggunakannya atau tidak, pengeluaran ini tetap harus dilakukan. Iuran majalah yang berlebihan atau iuran TV berlangganan yang tidak seluruh salurannya ditonton secara rutin bisa dieliminasi dari pengeluaran bulanan Anda. Pilih dengan seksama iuran mana yang paling diperlukan dalam keseharian Anda untuk menunjang produktivitas dan kehidupan bersama keluarga.
  7. Alat elektronik hemat energi. Biasakan selalu memilih peralatan elektronik hemat energi saat membeli. Sekarang ini banyak produsen kulkas atau AC yang menawarkan produk yang hemat energi.
  8. Kelola rumah sendiri. Mempekerjakan asisten rumah tangga memang mengurangi beban tenaga. Namun jika dirasa masih bisa ditangani sendiri, ada baiknya kita mengelola dan mengatur rumah sendiri. Anda bisa berbagi tugas dengan suami dan anak-anak. Si Balita bisa mulai diajarkan selalu membereskan mainannya sendiri setelah selesai bermain, dan selalu mengembalikan barang-barang yang telah selesai digunakan ke tempatnya semula.
  9. Hemat air. Gunakan air sebaik mungkin untuk mengurangi biaya tagihan air Anda. Hemat air bersih juga mencerminkan kecintaan Anda pada lingkungan. Kamar mandi bershower dapat lebih menghemat penggunaan air dibandingkan dengan bak mandi lho, Mams. Dan saat kran di rumah bocor, segera perbaiki.
  10. Uang receh. Ketika melihat uang dalam pecahan kecil, apalagi uang logam, seringkali kita menganggapnya tidak penting. Padahal, ini adalah cara salah dalam mengelola keuangan. Akibatnya, kita jadi membiarkan uang-uang receh ini hilang entah ke mana. Coba kumpulkan uang logam yang Anda terima setiap hari dalam satu wadah selama sebulan, dan lihat berapa banyak uang yang dikumpulkan di akhir bulan. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares