Career

Yang Wajib Ada dalam CV Anda

By  | 

Setiap melamar kerja ke perusahaan baru, selain surat lamaran kerja, Anda pasti juga mencantumkan Curriculum Vitae atau CV bukan Mamas? Agar CV Anda ini efektif untuk menarik perhatian perusahaan, pastikan beberapa hal berikut ini ada di dalam CV Anda.

1. Informasi kontak. Pastikan nama, nomor telepon, alamat rumah, dan alamat email Anda tercantum dengan jelas ya, Mams. Pastikan nomor telepon yang dicantumkan selalu aktif dan alamat rumah sesuai dengan yang Anda tinggali saat ini. Untuk email, gunakan nama email yang terlihat resmi ya, Mamas.  Alamat email yang Anda miliki zaman sekolah mungkin masih menggunakan nama panggilan. Jadi segera ubah ya, Mams.

2. Pengalaman bekerja. Pencantuman pengalaman kerja ini sangat penting lho, Mams. Jangan lupa sebutkan jabatan Anda, job description sejelas mungkin, serta periode kerja.

3. Keahlian. Menyebutkan keahlian Anda dalam CV terlebih yang berhubungan dengan posisi jabatan yang akan dilamar akan memberi Anda nilai lebih di hadapan perekrut.

4. Prestasi kerja. Ini juga sangat penting dicantumkan dalam CV. Prestasi kerja yang Anda miliki ini menggambarkan keseriusan Anda dalam bekerja dan  juga akan jadi nilai lebih Anda. Namun pastikan Anda menulisnya dengan hati-hati, tanpa indikasi ingin pamer sehingga tak terkesan sombong.

5. Referensi kerja. Biasakan selalu meminta referensi kerja saat Anda akan mengundurkan diri. Referensi kerja ini membuktikan pengalaman kerja, keahlian, dan karakter Anda. Referensi langsung dari mantan atasan bisa jadi salah satu pilihan.  (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares