Sex

Q&A: Bolehkah Bercinta di Masa Nifas?

By  | 

Q: Setelah melahirkan secara normal 4,5 minggu lalu, suami meminta saya untuk ‘melayani’nya karena memang darah nifas saya sudah tidak keluar lagi. Sejujurnya saya tidak berani menyanggupi permintaannya karena kan masa nifas saya belum genap 40 hari atau enam minggu. Tapi kakak ipar saya bilang, tidak mengapa bercinta di masa nifas selama tidak ada keluhan pada luka bekas jahitan di vagina. Apakah benar demikian?
Octaviani, 30 tahun, mama dari Javier, 1 bulan

A: Pada umumnya dokter merekomendasikan Anda untuk menunggu setidaknya 4-6 minggu sebelum kembali bercinta paska melahirkan baik secara normal maupun Caesar. Hal ini tentu bukan tanpa alasan secara medis lho. Uterus dan serviks Anda perlu waktu yang cukup panjang untuk kembali berfungsi ‘normal’ paska berjuang ketika Anda melahirkan Si Buah Hati. Di masa pemulihan tersebut, hal-hal yang mungkin bersentuhan langsung dengan area ini bisa mempertinggi risiko infeksi, termasuk penetrasi atau intercourse juga pemakaian tampon.

Sebuah survei online yang pernah dilakukan menemukan bahwa 7 persen mama baru melakukan seks pertama paska persalinan ketika usia Si Bayi empat minggu, 50 persen di usia delapan minggu, 36 persen di usia 12 minggu, dan 3 persen mengaku baru bercinta lagi ketika usia Si Bayi lebih dari enam bulan. Jadi sebetulnya, semua itu memang tergantung dari kasus masing-masing. Dan jika masa nifas Anda kurang dari enam minggu dan bila memang vagina Anda tidak digunting atau tidak dilakukan episiotomi (pengguntingan perineum), dan pendarahan atau lochia Anda sudah berubah warna dari merah cerah ke pink pucat dan hanya seperti sepercik vlek saja, Anda diperkenankan melakukan hubungan seks kok, Mams.

Tapi yang perlu Anda ketahui juga, ketika melakukan seks perdana paska bersalin ini bukan tidak mungkin gairah Anda akan menurun karena berbagai faktor. Bukan hanya masalah jahitan yang mungkin masih berdenyut ketika disentuh, tapi juga problema payudara yang bengkak dan sakit di masa menyusui. Bahkan tak sedikit yang merasa ketakutan untuk kembali ‘membuka’ diri, apalagi yang melahirkan secara normal. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menerapkan tip berikut ini ya (baca : Tip Menikmati Seks Paska Melahirkan) dan (baca : Q&A: Menyiapkan Diri untuk Seks Paska Persalinan). Selamat bercinta kembali ya! (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares