Health

Makanan Terbaik untuk Mata Si Kecil

By  | 

Menjaga kesehatan Si Kecil memanh penting ya, Mamas, termasuk kesehatan mata yang juga menjadi salah satu hal yang membutuhkan perhatikan lebih. Untuk menjaganya, pastikan Anda selalu memberinya makanan bernutrisi dan baik untuk kesehatan mata Si Buah Hati. Berikut beberapa jenis makanan yang terdiri dari buah dan sayur yang baik untuk menjaga kesehatan mata Si kecil ya, Mams.

1. Sayuran hijau. Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, merupakan sumber lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa tersebut dapat membantu sel retina guna menangkal radikal bebas, dan mengurangi risiko degenerasi makula. Selain bayam, Si Kecil juga bisa juga mengonsumsi sawi, kangkung, dan lainnya.

2. Wortel. Sudah sejak dulu, wortel dijadikan sebagai makanan terbaik untuk kesehatan mata. Wortel menjadi sumber vitamin A yang sangat baik serta beta-karoten yang dapat mempromosikan kesehatan mata secara keseluruhan. Vitamin A berfungsi amat penting untuk menjaga pemukaan mata agar terlihat jernih, sementara beta-karoten merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel mata dari paparan radikal bebas perusak mata.

3. Salmon. Sama halnya dengan minyak ikan lainnya, salmon merupakan sumber Omega-3 asam lemak terbaik, yang efektif untuk membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin D yang sangat tinggi dalam salmon dapat membantu meningkatkan kesehatan mata juga meningkatkan kinerja jantung.

4. Buah bervitamin C. Buah yang kaya vitamin C seperti jeruk mengandung antioksidan yang akan menghambat kerusakan tubuh akibat radikal bebas. Penelitian menunjukkan bahwa retina mata sangat membutuhkan vitamin C,  agar sel-sel saraf berfungsi dengan baik sehingga penglihatan akan menjadi lebih baik. Buah lainnya yang tinggi vitamin C adalah tomat dan pepaya.

5. Telur. Seperti sayuran berdaun hijau, telur juga kaya akan lutein dan zeaxanthin. Tak hanya itu, telur memiliki kandungan zinc. Zat-zat ini bisa mencegah penyakit katarak serta degenerasi makular, yaitu penyakit serius pada retina mata.

6. Jagung. Ialah satu makanan tepat untuk kesehatan mata. Sama seperti sayuran berdaun hijau, makanan ini memiliki zat lutein. Agar zat ini terproduksi dengan maksimal, masaklah jagung lebih lama. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares