Mind

6 Persiapan Proses Persalinan untuk Calon Papa

By  | 

Tak hanya calon mama yang harus mempersiapkan diri menjalani proses persalinan, sebagai calon papa, tahukah Anda bahwa pasangan juga butuh persiapan khusus saat mendampingi Anda di ruang bersalin. Apa saja yang harus dipersiapkan Si Dia menjelang dan saat proses persalinan? Yuk simak!

  1. Mengikuti kelas senam hamil bersama. Menjelang proses kelahiran Si Kecil, biasanya para mamas mengikuti kelas senam guna melancarkan persalinan sekaligus mengajari teknik pernapasan. Ajak pasangan mengikuti kelas tersebut bersama Anda, dan turut mempelajari teknik yang dibutuhkan kala proses persalinan berlangsung. Sebagai partner, ia bertugas mengarahkan Anda untuk melakukan teknik tersebut.
  2. Gali informasi seputar proses persalinan. Berikan pada pasangan berbagai buku seputar kelahiran bayi dan juga ajak ia menonton video proses persalinan bersama. Dengan begitu, ia sudah siap melakukan tugasnya sebagai pendamping Anda kala melahirkan Si Kecil nanti.
  3. Persiapan dokumentasi. Menjelang kelahiran Si Kecil tentunya Si Dia harus mempersiapkan peralatan guna mengabadikan momen terindah dalam hidup Anda berdua tersebut. Minta ia mengecek kelengkapan kamera yang Anda berdua miliki ya Mams, jangan sampai habis baterai atau ternyata ada yang kurang lengkap.
  4. Persiapan fisik. Menemani istri melahirkan bukan perkara mudah, oleh karena itu calon papa wajib mempersiapkan kekuatan fisiknya. Beberapa calon mama melalui masa sulit dan cukup lama melahirkan sehingga pasangan harus berada di sampingnya setiap waktu. Hal tersebut dapat menyebabkan kurang tidur dan stressful, maka dari itu Si Dia harus memerhatikan asupan.
  5. Persiapan mental. Yang satu ini sangat penting lho, minta ia berkonsultasi dengan kerabat yang sudah berpengalaman. Pasalnya, banyak calon mama yang menumpahkan rasa sakitnya dengan meluapkan emosi ke pasangan. Belum lagi saat menahan sakit, Anda juga kerap ‘menyiksa’ pasangan. Selain itu, ia juga harus mempersiapkan diri jika terjadi komplikasi pada Anda maupun Si Bayi.
  6. Mempersiapkan diri untuk menjadi supporter yang baik. Pasangan harus menahan diri untuk tak berkomentar saat Anda merasa sakit, karena hal ini justru akan memancing emosi calon mama. Ia juga wajib jadi pemijat setia Anda kala menjalani proses persalinan yang cukup panjang, serta tidak boleh lelah menghibur Anda. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares