Education

Yuk, Ajari Si Kecil Gosok Gigi

By  | 
Mams, kebiasaan menggosok gigi tentu wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut Si Kecil. Terlebih, ketika usianya semakin bertambah dan ia mulai mengkonsumsi berbagai jenis makanan, seperti jus buah, permen, dan cokleat.
Lalu, bagaimana cara mudah mengajari gosok gigi ke anak? Yuk, simak beberapa tip di bawah yang dapat membantu Anda mengajari Si Kecil menggosok gigi secara benar dengan cara menyenangkan!

  • Untuk memudahkan Si Kecil belajar gosok gigi sebaiknya kenalkan pentingnya menjaga kebersihan mulut sejak usia dini. Saat masih bayi, Anda dapat menyeka gusinya dengan tisu basah atau kain lembut basah dan bersih setelah anak selesai menyusu dan makan untuk mencegah penumpukan plak. Untuk saat ini penggunaan pasta gigi masih belum diperlukan.
  • Setelah gigi Si Kecil  mulai tumbuh (biasanya setelah usia anak enam bulan), Anda bisa membeli sikat gigi anak dengan kepala sikat yang kecil dan bulu sikat gigi lembut. Usahakan membeli sikat gigi berwarna cerah agar lebih menarik digenggam oleh anak. Untuk pasta gigi,  Anda bisa varian rasa yang tersedia di supermaket ya, Mams.
  • Buatlah selalu acara menggosok gigi dengan lebih menyenangkan. Jelaskan pada Si Kecil pentingnya menggosok gigi untuk membasmi ‘monster’ bakteri atau kumpulan plak di gigi yang apabila tidak dihilangkan dapat mengakibatkan kerusakan pada giginya. Untuk hal ini, Anda dapat menunjukkan gambar-gambar gigi yang rusak (seperti gigi keropos, berlubang, dan berwarna hitam) dari brosur yang Anda dapat di dokter gigi, buku bergambar, atau DVD anak mengenai cara menggosok gigi.
  • Ajarkan anak cara menyikat gigi dengan tekanan cukup kuat tapi tetap lembut agar tidak melukai gusinya. Ajarkan juga ia menyikat batas gigi dan gusi tempat plak gigi biasanya menumpuk dan sikat gigi secara menyeluruh yakni bagian depan, belakang, dan bagian gigi untuk menggigit.
  • Oya, Mams, sebaiknya sikat gigi Si Kecil diganti secara berkala (umumnya setiap empat bulan) atau ketika bulu-bulu sikat gigi sudah terlihat rusak. (Yosi Avianti/LD/Photo: Various)

Shares