Parenting

Jika Harus Mencari ART Infal

By  | 

Apa itu asisten rumah tangga (ART) infal? Ya, biasa disebut dengan asisten rumah tangga pengganti, yang tugasnya mengganti asisten rumah tangga sebelumnya. Biasanya saat menjelang Lebaran atau saat asisten rumah tangga akan meminta cuti untuk pulang ke kampung halaman untuk beragam keperluan, Anda akan memerlukan jasa ini.

Bila kondisi ini Anda alami, setidaknya Anda harus siapkan keuangan yang lebih karena jasa pembantu pengganti memiliki tarif hampir dua kali lipat dari ART biasa lho, Mamas. Berikut tip saat mencari ART Infal.

1. Penyalur terpercaya. Belakangan ini memang tidak sulit menemukan penyalur ART yang menyediakan layanan infal. Anda cukup browsing internet, dan langsung bisa mendapatkan nomor kontak berikut tarif jasa yang dikenakan. Hanya saja, meski jasa ini mudah ditemukan dan menggunakan layanan yang bersifat sementara, Anda tetap perlu menyeleksi kualitas penyalur secara sungguh-sungguh, ya, Mams.

2. Budget. Dalam bidang apa pun, umumnya tenaga temporer punya hitungan honor per jam yang lebih tinggi dibandingkan tenaga tetap. Begitu pula dengan ART infal. Jika honor ART tetap umumnya berkisar antara Rp 800 ribu s/d 1,5 juta per bulan, maka honor ART infal berkisar antara Rp 80 ribu s/d 150 ribu per hari. Hanya saja, biaya tersebut masih belum termasuk biaya administrasi yang dikenakan penyalur. Untuk itu, dana tambahan wajib Anda siapkan ya.

3. Seleksi. Tentukan terlebih dahulu kualifikasi ART infal yang Anda inginkan Misalnya, selain membutuhkan tenaga untuk beres-beres rumah, Anda juga perlu orang yang bisa dipercaya dalam mengawasi anak-anak. Atau, Anda hanya memerlukan tenaga untuk bersih-bersih rumah dan menyetrika, tetapi tidak untuk memasak. Sampaikan kualifikasi yang dikehendaki kepada penyalur, supaya Anda bisa mendapatkan tenaga infal yang sesuai. (Yosi Avianti/LD/Photo:Istockphoto.com)

Shares