Mind

4 Cara Berdamai dengan Rasa Bersalah

By  | 

Semua manusia pasti memiliki kesalahan dan penyesalan di masa lalu. Namun tentu saja dengan kadar berbeda. Ada yang sudah menguburnya dalam-dalam tetapi banyak juga yang masih dihantui rasa bersalah atau sesal berkepanjangan. Bila Anda merasa seperti itu, ada cara untuk mengatasinya, Mamas.

1. Lakukan sesuatu. Jika Anda terus dihantui masa lalu berarti ada hal yang belum terselesaikan. Jika selama ini Anda ragu atau gengsi menyelesaikannya, kini saatnya melakukan yang harus dilakukan. Misalnya minta maaf atau ucapkan perasaan yang selama ini tidak terungkap. Tak perlu ragu ya menyelesaikan masalah Mams, meskipun ada tanggapan kurang menyenangkan dari pihak lain. Yang penting Anda sudah lega.
2. Pikirkan hal negatif yang dapat terjadi jika Anda tidak move on. Rasa bersalah yang berkepanjangan dapat menyiksa Anda dan bisa membuat depresi. Jika Anda belum atau tidak berkesempatan menyelesaikan permasalahan berusahalah berpikir positif dan percaya suatu hari masalah akan terselesaikan.
3. Belajar dari kesalahan. Yang satu ini mutlak dilakukan, jangan sampai Anda melakukan kesalahan dua kali ya. Jadikan hal tersebut sebuah pelajaran berharga dalam hidup dan mencari cara untuk antisipasi.
4. Move on namun lebih berhati-hati. Tentu saja Anda tidak perlu stuck dengan rasa bersalah. Meskipun pernah melakukan kesalahan Anda berhak untuk hidup bahagia. Kuncinya melangkahlah dengan lebih hati-hati dan hidup dengan damai. (Karmenita Alwi/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares