Health

Kenali Infeksi Bakteri pada Si Kecil

By  | 

Kala Si Kecil demam banyak mamas yang bingung mendiagnosa awal penyakit apa yang menyerang Sang Anak. Pasalnya, kini banyak sekali penyakit yang diawali demam, salah satunya infeksi bakteri. Agar lebih jelas yuk simak infeksi seperti apakah ini dan apa bedanya dengan virus.

Apa itu Infeksi Bakteri?
Jika virus dapat kita temukan pada penyakit influenza atau diare, infeksi bakteri dapat ditemukan pada penderita pneumonia, infeksi saluran kencing, meningitis, dan yang cukup serius adalah septicemia atau infeksi darah.

Gejala Infeksi Bakteri
Gejalan infeksi pada bakteri bisa beragam, yang pasti secara umum Si Kecil akan mengalami demam, nyeri tubuh, juga pembengkakan serta timbul kemerahan pada kulit. Gejala lainnya tergantung pada tempat dimana infeksi bakteri terjadi. Jika pada darah maka tekanan darahnya menurun juga gemetar. Pada perut atau saluran cerna akan terjadi kram dan nyeri di area perut. Pada kulit akan timbul ruam, dan jika Si Kecil terkenal ISK maka air seninya berbau kurang sedap.

Perbedaan dengan Infeksi Virus
Kasus infeksi bakteri memang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan infeksi virus. Namun biasanya lebih serius atau berat. Pada umumya anak yang terkena infeksi bakteri nampak lebih lemah dan tidak tertarik bermain sama sekali. Dan pada umumnya infeksi bakteri hanya menyerang satu bagian tubuh sedangkan virus dapat mengenai beberapa bagian tubuh.

Pengobatan Infeksi Bakteri
Karena menyerang salah satu organ biasanya obat yang diberikan menyasar pada organ tersebut. Namun pada umumnya penderita infeksi bakteri harus diberi antibiotik. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares