Mind

Manfaat Positif dari Memiliki Rasa Percaya Diri

By  | 

Memiliki rasa percaya diri adalah hal penting yang tak hanya untuk karier, tapi juga dalam kehidupan sosial. Kepercayaan diri biasanya muncul karena kita memiliki kelebihan dalam suatu bidang. Berbeda dengan sikap sombong atau angkuh, dalam batas wajar, rasa percaya diri bisa mendorong Anda untuk berbuat lebih baik dalam hidup. Berikut adalah beberapa hal positif yang bisa Anda dapatkan dari memiliki rasa percaya diri.

  • Terlihat lebih menarik. Sebuah penelitian di Webster University menunjukkan bahwa wanita yang punya rasa percaya diri dan lebih sering tersenyum ternyata lebih menarik bagi pria. Wanita percaya diri lebih cantik secara kepribadian dan menunjukkan bahwa ia bahagia dengan kehidupannya.
  • Membuka kesempatan. Orang dengan rasa percaya diri biasanya akan lebih maju dan lebih cepat mendapatkan promosi karena sikapnya selalu tampak meyakinkan dan tegas. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan adanya korelasi antara kepercayaan diri dan kesuksesan seseorang dalam hal pekerjaan. Bahkan ketika mendapat kritik dari atasan, orang yang percaya diri tetap dapat menerima kritikan ini dengan profesional.

Bahkan, orang yang memiliki rasa percaya diri berlebihan pun, tetap lebih baik daripada memiliki sikap minder, karena orang yang memiliki rasa percaya diri cenderung bisa bertahan saat diserang atau berdebat. Mereka juga lebih tahan banting dalam hal perasaan.

Lalu bagaimana caranya agar bisa jadi orang yang lebih percaya diri? Lakukan beberapa tip dibawah ini untuk menambah kepercayaan diri Anda.

  • Nilai diri sendiri dengan positif. Faktor utama dari percaya diri adalah adanya rasa bangga dan bahagia dengan diri Anda sendiri. Semakin mencintai diri sendiri, semakin besar rasa percaya diri Anda.
  • Ingat nama orang lain. Mengucapkan nama orang lain saat berbincang juga bisa membuat Anda lebih percaya diri. Dan lagi Anda juga pasti senang jika orang lain memanggil nama saat berbincang. Maka, lakukanlah hal sama. Selalu ingat nama orang lain, sehingga mereka akan menghargai Anda.
  • Berani mengambil risiko. Orang yang sering berada di zona nyaman biasanya tidak percaya diri dengan dirinya. Segera keluar dari zona nyaman Anda dan cobalah melakukan hal baru guna menambah pengalaman hidup atau bahkan menambah relasi baru. Jangan takut mengambil risiko, sepahit apapun hasilnya, setidaknya Anda sudah mencoba bukan, Mams?
  • Pelajari hal baru. Jangan malas mempelajari banyak hal baru yang dapat menambah pengetahuan Anda. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, Anda diberi banyak kemudahan bisa memperoleh banyak informasi. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares