Health

Dampak Kurang Tidur pada Wanita

By  | 

Kurang tidur memang memiliki banyak dampak negatif pada tubuh manusia, namun ternyata dampak itu akan lebih parah pada wanita. Berdasarkan penelitian Duke University di Durham, North Caroline, Amerika Serikat menemukan bahwa wanita yang kurang tidur lebih menderita dibandingkan pria yang bergaya hidup sama. Selain melakukan penelitian melalui kuesioner, bukti tersebut juga diperkuat dengan pemeriksaan sampel darah yang menemukan bahwa memang kurang tidur dapat berefek lebih bahaya pada wanita. Apa saja dampaknya? Yuk simak!

  • Kenaikan berat badan. Kurang tidur dapat menyebabkan metabolisme Anda menurun serta meningkatkan nafsu makan. Hal tersebut juga membuat Anda menginginkan makanan berkabohidrat tinggi. Hindari juga konsumsi wine sebelum tidur ya Mams, meskipun alkohol dapat membuat ngantuk namun tidur kurang berkualitas dan juga menambah asupan kalori.
  • Lingkaran hitam di bawah mata. Saat kurang tidur, kulit Anda cenderung kering sehingga dapat mengakibatkan lingkaran hitam di bawah mata. Untuk mengatasinya, minum teh chamomile sebelum tidur serta oleskan eyecream untuk mencegah kulit kering di areat mata.
  • Stres. Hati-hati terhadap yang satu ini karena dapat mengakibatkan banyak hal bahkan memicu depresi. Wanita yang terbiasa tidur kurang dari enam jam setiap hari akan rentan mengalami stres, gelisah, dan dapat berujung pada depresi berat. Tambah jam tidur Anda ya Mams, jika Anda kesulitan tidur lakukan meditasi atau segera hubungi dokter.
  • Lower body temperature. Saat kurang tidur, suhu tubuh Anda akan menurun secara drastis, jangan remehkan hal ini ya Mams, pasalnya dapat memicu Anda terkena berbagai penyakit juga dapat menyebabkan Anda merasa tidak enak saat beraktivitas seharian penuh.
  • Sulit berpikir. Kurang tidur juga dapat menyebabkan kerja otak melambat dan dengan sendirinya Anda jadi kurang produktif lho Mams. Hal ini juga memengaruhi ingatan Anda dalam menerima informasi baru. Minum kopi di pagi hari dapat membantu Anda lebih segar, namun sebaiknya jaga daya ingat Anda dengan tidur cukup dan teratur.
  • Libido menurun. Akibat terlalu lelah, gairah seksual pun ikut menurun, hal ini dapat menimbulkan masalah pada pernikahan lho Mams.
  • Memicu penyakit berbahaya. Penyakit jantung, stroke, diabetes, serta tekanan darah tinggi dapat menghampiri tubuh jika Anda sering kurang tidur. Ubah gaya hidup Anda ya Mams, jika terkena insomnia segera hubungi para ahli. Jangan sampai Anda terkena gejala salah satu penyakit di atas.
  • Menyebabkan kecelakaan. Hal ini berlaku bagi Anda yang membawa kendaraan untuk beraktivitas sehari-hari. Kurang tidur dapat menyebabkan Anda sulit berkonsentrasi atau bahkan tertidur saat menyetir. Bahaya sekali kan Mams? (Karmenita Ridwan/LD/Photo: IStockphoto.com)

 

Shares