Bahaya Vlek Saat Hamil

By  | 

Q: Dear dr. Doni,
Saat ini saya sedang hamil 10 minggu dan mengalami vlek dengan warna kecokelatan seperti saat mau haid. Berbahayakah ini bagi kandungan saya? Dan apa yang jadi penyebab vlek ini?

Rika, 29 tahun, hamil 2,5 bulan

A: Dear Ny. Rika,

Vlek pada hamil muda seringkali dikaitkan dengan ancaman terjadinya keguguran, terutama apabila Anda sudah pernah menjalani kontrol kehamilan sebelumnya dan dikatakan kondisi kehamilan baik. Ada beberapa faktor penyebab hal ini, dapat dikaitkan dengan faktor dari janin (perkembangan janin yang abnormal, kelainan kromosom janin) atau faktor Anda sendiri (infeksi, kelainan endokrin, kekurangan hormon progesteron, nutrisi, kelelahan fisik, faktor lingkungan, serta faktor imunologi), sehingga harus dilakukan evaluasi agar mendapatkan tata laksana yang adekuat sesuai dengan faktor penyebab yang ditemukan.

Selain untuk mengevaluasi kondisi kehamilan dan penyebab terjadinya vlek pada kehamilan Anda, harus disingkirkan juga kemungkinan lain terjadinya flek atau perdarahan pada hamil muda, seperti kehamilan anggur atau kehamilan di luar kandungan. (dr. Doni Aprialdi, SpOG, MKes/Redaksi/LD/Photo: Istockphoto.com)

 

Dijawab oleh:

IMG-20151203-WA0001

 

 

 

 

 

 

 

 

dr. Doni Aprialdi, SpOG, MKes
RSIA Hermina Pasteur

Shares