Health

5 Masalah Kesehatan Akibat AC dan Solusinya

By  | 

Seharian berada di ruangan ber-AC memang jadi hal biasa bagi para pekerja kantoran. Tapi pernahkah Anda merasa pusing atau sakit kepala saat berada terlalu lama di ruangan ber-AC? Ketika AC menyala, ruangan akan kekurangan kelembapan dan akibat dari kurangnya kelembapan ini dapat menyebabkan dehidrasi, kulit lebih sensitif, sakit kepala, dan mata kering. Nah untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, Mams:

1. Minum air putih. Konsumsi air putih yang cukup akan menjaga badan terhindar dari dehidrasi. Sebab dehidrasi juga bisa menyebabkan mengapa Anda mudah sakit kepala saat berada di ruangan ber-AC.

2. Memakai pelembap. Kulit Anda terasa kering dan tidak sehat? Ya,  kulit yang terpapar langsung udara dingin dari AC dalam waktu lama memang bisa jadi kering dan kehilangan elastisitasnya karena AC dapat merampas kelembapan kulit dan selaput lendir pada kulit. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan pelembap kulit yang tinggi  kandungan moisturizer yang berfungsi menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

3. Konsumsi vitamin C. Konsumsi juga vitamin C yang baik untuk ketahanan tubuh. Dengan minum  secara rutin akan membuat sistem imun dalam tubuh Anda jadi kuat dan tidak mudah terserang penyakit atau sakit kepala.

4. Matikan AC 10 menit sebelum ke luar ruangan. Ini penting ANda lakukan. Sebelum pergi meninggalkan ruangan, sebaiknya matikan AC terlebih dahulu. Biarkan badan menyesuaikan dengan transisi suhu dari yang sangat dingin menjadi panas. Sebab jika Anda langsung ke luar menuju tempat panas, badan akan mengalami temperature shock, termasuk bagian kepala.

5. Menggunakan tetes mata. Selain merusak kulit, udara dingin dari AC juga dapat menyebabkan mata menjadi kering. Mata yang kering ini lama kelamaan dapat berkembang menjadi masalah lain yang lebih serius seperti peradangan selaput mata dan juga peradangan kelopak mata. Untuk mencegah terjadinya peradangan yang serius, Anda bisa menggunakan cairan tetes mata untuk tetap menjaga kelembapan mata. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares