Health

Tip Redakan Batuk Selain Minum Obat

By  | 

Musim hujan membuat kita rentan terserang flu dan batuk. Bila Anda merasa sudah menghabiskan hampir sebotol obat batuk dan tak juga kunjung sembuh, yuk lakukan beberapa hal berikut guna redakan batuk Anda.

  • Minum teh campur madu. Mengonsumsi secangkir teh hangat dapat mengurangi dahak dan melegakan pernapasan. Menambahkan satu atau dua sendok makan madu ke dalam secangkir teh akan mengurangi iritasi tenggorokan Anda akibat batuk lho, Mamas.
  • Bersihkan kamar. Tanpa Anda sadari, kamar yang terlihat rapi belum tentu benar-benar bersih lho, Mams.Jangan remehkan debu dan kotoran tak terlihat di tempat tidur Anda. Bisa jadi itulah penyebab batuk Anda tak sembuh-sembuh. Ganti seprei secara teratur setidaknya 3-4 hari sekali dan selalu bersihkan tempat tidur dari debu yang akan memperparah batuk Anda.
  • Posisi tidur. Posisikan kepala lebih tinggi 10-15 cm saat tidur. Dengan tidur dalam posisi seperti ini, dapat membantu meredakan sinus, membuat Anda lebih mudah bernapas, dan tidak memicu gatal pada tenggorokan.
  • Menghirup uap air panas. Isi baskom dengan air panas lalu hirup uapnya sambil menutupi kepala dengan handuk. Gunanya handuk ini berguna agar uap panas tak menguap. Kelembapan udara panas ini akan melegakan pernapasan serta mengurangi iritasi di tenggorokan dan paru-paru. Agar lebih maksimal, teteskan sedikit minyak kayu putih ke dalam baskom tadi.
  • Cukupi air putih. Pastikan Anda cukup minum air putih setidaknya 7-8 gelas atau minimal dua liter sehari.
  • Jauhi polusi. Hindari terpapar udara kotor ya Mams, baik karena asap rokok ataupun polusi kendaraan.
  • Jaga asupan makanan. Untuk sementara, hindari mengonsumsi¬† makanan dan minuman yang manis dulu ya, Mams. Karena rasa manis gula ini akan membuat tenggorokan Anda makin gatal. Dan makanan berminyak juga akan memperparah kondisi batuk ini-Karena makanan berminyak dapat merangsang produksi lendir pada tenggorokan. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares