Interior Design

Rumah Nyaman untuk Si Pecinta Binatang

By  | 

Sebagai pecinta binatang, terkadang faktor takut rumah jadi tak nyaman dengan adanya binatang peliharaan, membuat Anda urung memelihara hewan. Padahal, banyak kok pecinta binatang seperti anjing, kucing, atau pet lain yang memelihara binatang kesayangannya tersebut di dalam rumahnya, namun tetap bisa tinggal dengan nyaman di rumah. Ingin seperti mereka, Mams? Ikuti trik-trik dari Smart Mama berikut agar tetap nyaman di rumah bersama binatang kesayangan.

Bila Anda berniat memelihara binatang di rumah, jangan hanya mempertimbangkan bagaimana dekorasi apik dan nyaman bagi Anda, namun Anda juga harus mempertimbangkan seperti apa rumah yang membuat binatang Anda nyaman dan tak merusak interor rumah Anda. Kuncinya adalah memilih material tepat dan mengakomodasi kebutuhan dan juga peliharaan Anda.

  • Vacuum rumah secara teratur. Jika Anda memelihara binatang dengan bulu panjang, Anda harus membersihkan rumah secara teratur dengan cara vacuum paling tidak dua kali seminggu, dan lebih sering lagi saat bulu hewan peliharaan dalam masa rontok. Rambut hewan peliharaan memiliki bau dan minyak yang akan meninggalkan bekas di kain pelapis seperti sofa.
  • Mandikan hewan peliharaan. Menjaga anjing dan kucing tetap bersih akan membantu Anda mendapatkan rumah bersih tak berbau. Kuku jari hewan yang dipotong rapi juga tidak akan menggores lantai dan furnitur Anda. Teratur menyikat rambutnya akan membuat lantai, sofa, tirai dan tempat tidur Anda bersih dari bulu yang rontok. Dengan begitu, maka Anda jadi tak perlu terlalu sering mencuci sofa Anda. Lebih mudah membersihkan hewan peliharaan daripada mencuci sofa Anda.
  • Gunakan kain yang kuat dan tahan noda. Kain jenis sutra, chintz, atau velvet yang merupakan magnet rambut hewan harus Anda jauhkan dari deretan koleksi Anda. Anda bisa menggantinya dengan menggunakan kain sintetis yang tahan terhadap noda, bakteri, dan cakar hewan. Material lain seperti kulit juga bisa jadi pilihan karena mudah dibersihkan dan tahan lama. Ada juga ultrasuede, sebuah microfiber yang bisa dicuci dan terasa selembut suede.
  • Lupakan karpet. Karpet adalah perangkap rambut hewan peliharaan yang dapat menyerap bau bagai spons. Jika Anda tetap ingin menggunakan karpet, maka pilihlah yang tipis, pendek, serta berwarna gelap. Selain agar kuku peliharaan tak membuatnya rusak, dan karpet mudah dibersihkan, warna gelap juga membuat karpet tak mudah terlihat kotor jika terkena noda.
  • Gunakan tambang. Kucing senang mencakar-cakar, dan tali tambang merupakan tekstur yang cocok untuk mainan mereka. Coba lilit tali tambang di kaki kursi, selain untuk mainan kucing, ini juga berfungsi sebagai hiasan.
  • Lampirkan selimut di sofa. Anjing dan kucing senang bersantai di sofa. Lampirkan selimut di atas sofa agar bulu-bulu tidak menempel langsung di sofa. Tak hanya itu, ruang tamu Anda akan terlihat lebih stylish.
  • Warna interior rumah vs hewan peliharaan. Jika kucing Anda berwarna putih, jangan hias rumah dengan warna serba gelap, karena bulu-bulunya yang menempel akan sangat terlihat.
  • Bahan beludru untuk sofa, adalah pilihan yang pas dibandingkan bahan tenunan yang sangat mudah sobek jika dicakari kucing. Bahan kulit sintetis juga bisa digunakan karena bebas cakaran, namun bahan beludru menampilkan kesan lebih hommey.
  • Lantai. Material terbaik untuk lantai rumah Anda adalah lantai keras seperti keramik. Karena mudah dibersihkan, tahan terhadap noda, dan tahan goresan kuku hewan. Keramik bisa membuat ruangan tampil elegan dan memberikan tempat untuk hewan tidur dengan sejuk saat cuaca panas. Bahan berpori seperti marmer atau batu alam lainnya kurang pas digunakan jika Anda memelihara hewan peliharaan.
  • Sediakan spot khusus. Untuk menjaga agar binatang peliharaan Anda tidak tidur dan bermain sembarangan, sediakan kandang atau tempat khusus untuk binatang peliharaan Anda. Jika memilih kandang yang tertutup, maka sebaiknya Anda tidak terus menerus mengurung mereka di dalam kandang untuk menghindari binatang peliharaan Anda dari stress. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan wadah untuk membuang kotoran agar mereka tidak buang kotoran sembarangan. Anda juga perlu menyediakan wadah untuk tempat makan mereka.
  • Bersihkan secara teratur. Jika Anda memiliki kandang atau spot khusus bagi peliharaan Anda, jangan lupa membersihkan kandang tersebut secara rutin. Hal ini dilakukan guna mencegah munculnya bau tidak sedap akibat kotoran-kotoran hewan Anda dan menjaga kesehatan Anda dan binatang peliharaan Anda. Jangan lupa juga selalu membersihkan wadah kotoran binatang Anda dan mengganti pasir di dalamnya secara teratur. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa wadah makanan mereka tetap bersih dan terhindar dari kuman.
  • Sirkulasi udara. Jika memiliki binatang peliharaan di rumah Anda, menjaga sirkulasi udara tetap berjalan dengan baik adalah suatu hal sangat penting. Hal ini untuk menyiasati agar ruangan-ruangan di rumah Anda tidak bau binatang peliharaan. Cara yang dapat Anda lakukan adalah membuka saluran ventilasi setiap hari agar udara segar bisa masuk dan menggantikan udara di dalam. Sirkulasi udara yang tidak baik akan menyebabkan rumah jadi pengap dan dapat memengaruhi kesehatan pernapasan Anda dan juga menimbulkan penyakit akibat udara yang pengap dan lembap. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan produk elektronik seperti AC atau alat lainnya yang dapat membantu Anda menyaring udara kotor. Anda juga dapat menggunakan pengharum ruangan untuk menjaga keharuman ruangan Anda. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares