Health

6 Makanan Berserat Tinggi untuk Si kecil

By  | 

Boleh dibilang balita memang kurang mengonsumsi makanan berserat setiap hari. Tentu saja ini dapat memicu gangguan pencernaan seperti sembelit dengan gejala umum berupa susah buang air besar (BAB), feses keras sehingga sakit saat BAB, jarang BAB, feses berupa gumpalan keras berukuran besar atau butiran kecil, serta keluhan sakit perut.

Mengonsumsi makanan kaya serat penting bagi kesehatan Si Kecil karena selain dapat melancarkan sistem pencernaan mereka, makanan berserat tinggi juga dipercaya mampu memerangi jenis penyakit tertentu.

Berikut adalah beberapa jenis makanan kaya serat yang bagus untuk Si Kecil, Mamas.

1. Kacang-kacangan. Termasuk diantaranya kacang merah, kacang hitam, dan kacang hijau. Rata-rata 1 gelas (ukuran 230 ml) kacang merah yang sudah dimasak mengandung sekitar 14 gr. Kacang merah dapat dimasak sebagai sup sedangkan kacang hijau dapat dijadikan bubur kacang hijau.

2. Brokoli. Jenis sayuran yang berwarna hijau gelap ini dikenal banyak manfaat, selain kandungan vitamin C yang tinggi, brokoli juga kaya akan kandungan serat. Dalam satu gelas brokoli rebus rata-rata terkandung sekitar 5 gr serat.

3. Alpukat. Buah bertekstur lembut dan legit ini menjadi salah satu primadona buah berkandungan serat tinggi. Dalam satu butir alpukat ukuran sedang terkandung sekitar 7 gr serat. Alpukat dapat diberikan langsung pada Si Kecil atau disajikan dalam bentuk jus.

4. Pir dan apel. Dibalik rasa buah pir dan apel yang manis dan segar, ada sekitar 5.5 gr serat di dalamnya. Baik apel maupun buah pir dapat diberikan pada Si Kecil sebagai camilan antara waktu makan siang dan makan malam.

5. Beras merah. Salah satu kelebihan beras merah dibanding beras putih adalah kandungan seratnya yang lebih tinggi. Dalam setiap gelas nasi beras merah terkandung sekitar 4 gr serat. Beras merah dapat diberikan pada Si Kecil sebagai alternatif beras putih yang biasa mereka makan.

6. Bayam. Selama ini bayam dikenal sebagai jenis sayuran berkandungan zat besi tinggi, namun ternyata selain itu bayam juga kaya serat. Dalam satu gelas bayam matang terkandung sekitar 4 gr serat. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares