Finance

Ketahui Lebih Jauh tentang Program Cicilan 0%

By  | 

Seringkali saat Anda akan berbelanja dengan pembayaran menggunakan kartu kredit, Anda akan menemukan promo menarik yang ditawarkan bank penerbit kartu kredit. Salah satunya pembayaran dengan cicilan 0%. Tentunya promo menggiurkan tersebut membuat Anda berpikir kalau metode pembayaran tersebut sangatlah menguntungkan. Ibaratnya sama saja seperti membeli barang dengan harga cash tetapi pembayarannya bisa dicicil 12 kali tanpa tambahan. Lalu apakah benar cicilan 0% tersebut benar tanpa bunga atau biaya tambahan lainnya? Yuk, simak penjelasan dari Smart Mama berikut ini.

Pengertian Cicilan 0%
Cicilan 0% adalah sebuah metode pembayaran atas pembelian sebuah barang dengan menggunakan kartu kredit yang memperbolehkan Anda membayarnya dengan cara dicicil tanpa adanya tambahan bunga. Jadi selama periode cicilan, Anda tidak akan ditagih bunga sama sekali atas pembelian produk yang menggunakan program tersebut.

Cara Kerja Cicilan 0%
Sebelumnya, pastikan bank yang Anda gunakan atau bank penerbit kartu kredit telah banyak bekerja sama dengan toko-toko atau vendor yang menawarkan cicilan 0% tersebut, sehingga Anda bisa menikmati program menarik ini. Tanyakan kepastiannya lebih lanjut pada petugas toko apakah promo tersebut masih berlaku, terkadang pihak toko masih memasang tersebut walaupun masa berlaku sudah selesai.

Ketika Anda akan membeli sebuah barang dengan program cicilan 0%, maka jumlah uang yang ditagihkan kepada Anda tidak akan berubah. Misalnya, Anda membeli ponsel dengan harga Rp 6.000.000 dan Anda memilih melunasinya selama enam bulan, maka perbulannya Anda akan ditagih sebesar Rp 1.000.000 dan tidak ada bunga yang ditagihkan pada Anda.

Setelah tagihan tersebut datang, maka Anda wajib melunasi cicilan perbulannya tepat pada waktunya. Pastikan jumlah uang yang Anda bayar sesuai dengan tagihan yang dikehendaki di awal transaksi. Seperti contoh di atas, jika Anda membayar sesuai tenggat waktu yang ditetapkan, maka Anda hanya harus membayar sebesar Rp 1.000.000. Apabila Anda telah melewati waktu atau jatuh tempo, maka Anda akan dikenakan bunga sesuai kebijakan kartu kredit.

Cara Mendapatkan Cicilan 0%
Biasanya toko-toko yang menawarkan program cicilan 0% ini memasang tanda atau papan pengumuman yang menunjukkan bahwa toko tersebut bekerja sama dengan pihak bank untuk menjalankan cicilan 0%. Anda juga bisa mengetahuinya dengan membuka website toko-toko yang ingin Anda kunjungi dan produk apa saja yang bekerja sama dengan bank Anda dalam menawarkan cicilan 0%.

Sebelum Anda memutuskan membeli suatu barang, sebaiknya periksa dulu beberapa persayaratan dan ketentuan yang harus Anda penuhi dalam menjalankan program cicilan 0%.

Ada beberapa syarat yang umumnya diberlakukan oleh tiap bank yaitu:
· Barang yang akan dibeli termasuk ke dalam promosi yang bisa menggunakan cicilan 0%
· Terdapat minimal pembelian yang harus dipenuhi pembeli untuk mendapatkan program cicilan 0%
· Jangka waktu yang ditawarkan biasanya dipilih antara 3, 6, atau 12 bulan
· Untuk beberapa bank akan ada biaya administrasi dan pajak yang dikenakan dalam program tersebut. Jumlahnya sekitar 3-4% dari total transaksi yang harus dibayar.

Setelah setuju atau telah memenuhi syarat yang diajukan mengikuti program cicilan 0% yang diminta, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan transaksi dengan kartu kredit Anda seperti biasa. Pastikan bahwa Anda telah mengajukan permintaan program cicilan 0% sebagai metode pembayaran. Setelah adanya kesepakatan antara pihak toko, maka Anda sudah sah menggunakan program cicilan 0% tersebut. Yang perlu Anda ingat adalah membayar tagihan berikutnya tepat pada waktunya.

Manfaat Cicilan 0%
Ada dua manfaat yang bisa Anda nikmati dari program ini, yaitu Anda dapat membayar suatu barang yang telah diinginkan dengan cara mencicil tanpa harus membayar biaya tambahan atau tanpa bunga besar selama periode waktu yang telah ditentukan. Pembayaran yang dilakukan juga dirasa lebih ringan. Yang kedua, Anda bisa menyimpan atau mengalokasikan uang yang sebelumnya akan dibelanjakan. Sisa uang tersebut bisa Anda gunakan untuk berinvestasi emas, atau yang lainnya.

Yang Harus Diperhatikan
Sebelum berbelanja, pastikan beberapa hal berikut ini ya, Mams.
· Cari tahu toko yang bekerjasama. Anda bisa mengetahuinya dengan membuka melalui website toko tempat tujuan Anda berbelanja atau menanyakannya pada call center bank penerbit kartu kredit Anda. Jangan lupa tanyakan periode promonya ya, Mamas.
· Perhitungkan biaya administrasi dan pajaknya. Biasanya besarnya sekitar 3 hingga 4 persen dari total transaksi yang harus dibayar.
· Tak ada bonus. Bank kemungkinan besar tidak akan memberikan bonus berupa cashback ataupun point rewards dalam transaksi cicilan 0% kartu kredit. Pihak bank beranggapan bahwa cicilan 0% sebagai bonus.
· Pastikan Anda tidak over limit. Cek terlebih dahulu sisa limit kartu kredit Anda sebelum membelinya. Bila melebihi limit, maka Anda akan dikenakan biaya over limit oleh bank penerbit kartu.
· Membayar tepat waktu. Jangan sampai terlambat membayar cicilan karena pada beberapa bank penerbit kartu kredit, pembayaran yang terlambat akan membatalkan promo cicilan 0% dan akan kembali memberlakukan bunga normal.

· Anda tidak bisa menutup kartu kredit tersebut, selama cicilan belum lunas. Dan jika Anda ingin melunasi semua tagihan sebelum jatuh tempo maka Anda akan dibebani biaya ekstra.
· Smart shopper. Dengan segala fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan program cicilan 0%, memang memudahkan Anda mendapatkan barang yang diinginkan. Namun program cicilan 0% ini juga bisa memberi banyak godaan bagi Anda, khususnya yang tidak bisa menahan keinginan berbelanja, Anda harus tetap cermat dalam berbelanja. Jangan sampai terbawa suasana dan menuruti hawa nafsu, sehingga membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Yang tadinya mau irit, malah harus menanggung beban cicilan banyak setiap bulannya ya, Mamas . (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares