Mind

8 Cara Atasi Sifat Over Thinking

By  | 

Berdasarkan survei kecil Smart Mama, banyak mamas yang mengaku dirinya memang over thinking atau berpikir terlalu jauh untuk suatu masalah. Hal tersebut tak sepenuhnya negatif sih Mams, karena orang yang over thinking cenderung lebih berhati-hati dalam mengambil langkah atau keputusan dalam hidupnya. Namun tentu saja over thinking dapat menyebabkan Anda lelah sendiri dan memiliki kecenderungan berburuk sangka. Ini delapan cara mengatasinya.

  1. Sadari bahwa Anda over thinking. Yang satu ini sangat penting lho Mams, Anda harus menyadari bahwa Anda memang memiliki sifat satu ini. Hal ini akan membantu agar aware saat Anda mulai over thinking.
  2. Hindari situasi atau orang-orang yang dapat memicu over thinking. Anda harus mengingat, bila perlu mencatat situasi seperti apa dan siapa yang membuat Anda menjadi over thinking. Sama seperti pecandu minuman keras, untuk menghilangkan kebiasaan tersebut Anda harus menghindari pemicu juga situasi yang membuat Anda over thinking.
  3. Gunakan energi Anda menjalani sebuah proyek. Orang yang over thinking cenderung memiliki energi berlebih. Ada baiknya Anda gunakan untuk hal lain misalnya membuka sebuah bisnis atau menjalani proyek seperti membuat blog. Dengan begitu perhatian Anda akan tersita juga fisik Anda akan lelah sehingga tidak sempat berpikir macam-macam.
  4. Ciptakan distraction untuk diri Anda sendiri. Saat mulai over thinking sadari apa yang dapat membuat perhatian Anda teralih. Misalnya dengan memasak, olahraga, atau menonton film.
  5. Berikan time limit untuk over thinking. Menghilangkan sifat ini sama sekali memang sulit. Ada baiknya Anda memberikan limitasi waktu pada diri sendiri untuk berpikir selama 15-20 menit. Setelahnya, segera ingatkan diri Anda untuk berpikir normal dan melakukan kegiatan lain.
  6. Sadar bahwa kesempurnaan adalah hal yang tak mungkin. Over thinking memang berhubungan erat dengan harapan hidup yang sempurna. Yang harus disadari adalah tidak ada yang sempurna dalam hidup ini dan belajarlah tetap bahagia dan fun di antara ketidaksempurnaan hidup. Terima saja kondisi hidup yang sudah digariskan untuk Anda, hal ini bukan berarti Anda berhenti berusaha lho Mams, hanya saja tidak perlu mengharapkan sesuatu yang terlalu tinggi untuk diraih.
  7. Stop berpikir tentang worst case. Yang juga menjadi ‘sahabat’ orang over thinking adalah selalu berpikir tentang hal terburuk. Selain melelahkan, hal ini juga dapat membuat Anda gampang menyerah. Jalani saja segala hal dengan apa adanya dan lihat hasilnya nanti bukan berdasarkan pemikiran Anda.
  8. Get outside. Bermain gadget atau laptop hanya memicu Anda untuk berpikir. Udara segar, makanan enak, serta orang-orang yang fun akan membuat Anda melupakan pemikiran yang ada di dalam benak Anda sendiri. Jalan-jalan simpel dan melihat kesederhanaan hidup akan membuat Anda merasa lebih fresh, bersyukur, dan dapat melihat kebahagiaan yang tak perlu sempurna. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares