Sex

Q&A: Pil KB dan Libido Seks

By  | 

Q: Setelah anak kami berusia dua tahun dan tidak lagi saya beri ASI, saya dan suami sepakat untuk memberi jarak dengan anak kedua. Oleh karena itu, sebulan terakhir ini saya mencoba kontrasepsi berupa pil KB. Tapi anehnya sejak mengonsumsi pil tersebut, saya jadi seperti kehilangan gairah dalam bercinta. Apakah benar ada pengaruh antara penggunaan pil KB rutin dengan libido seks seseorang?
Savanah, 30 tahun, mama dari Joachim, 2 tahun

A: Sebetulnya efek pil KB pada setiap wanita berbeda. Ada yang mengaku nafsu makannya jadi lebih besar sehingga jadi cepat gemuk, ada juga mengaku hasrat seksualnya menurun drastis, tapi ada pula yang merasa tidak mengalami perubahan berarti. Anda termasuk salah satu wanita dari sekitar 40 % wanita yang mengaku terkena ‘dampak negatif’ dari pil KB. Tetapi menurut Emma Kaywin, seorang penulis buku kesehatan seksual dari Brooklyn, Amerika, faktanya, memang pil KB bisa menurunkan kadar testoteron dalam diri Anda, di mana hormon ini memang yang ‘bertanggungjawab’ atas munculnya gairah seksual Anda. Pil tersebut menyebabkan ginjal Anda mengeluarkan protein yang disebut Sex-Hormone Binding Globulin. SHBG inilah yang kemudian menurunkan level testoteron sehingga libido bisa menurun.

Namun sebetulnya, Anda mungkin bisa berdiskusi dengan obgyn Anda untuk mencari alternatif pil KB lain yang mungkin tidak mengganggu hormon Anda karena memang di pasaran tersedia bermacam merek pil KB. Nah, sambil menunggu pil yang tepat dari dokter, segera beritahu pasangan bahwa Anda tak bergairah karena minum pil, bukan karena suami tak bisa memuaskan Anda. Hal ini penting untuk diberitahu kepadanya agar tak terjadi kesalahpahaman di antara Anda berdua.

Namun bukan berarti Anda jadi ‘puasa’ bercinta selama tak mengonsumsi pil itu ya. Bila Anda khawatir ‘kebobolan’, untuk sementara minta pasangan menggunakan kondom dan sebaiknya hindari bercinta di masa subur Anda ya. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares