Career

Alasan Karyawan Tidak Setia pada Sebuah Perusahaan

By  | 

Jika dulu ayah atau ibu Anda kerap bekerja di tempat sama hinga pensiun, kini sudah jarang sekali kita mendengar karyawan yang bekerja selama-lamanya di satu perusahaan tanpa pindah ke kantor lain. Mengapa hal tersebut
terjadi? Yuk simak pembahasan Smart Mama berikut.

  • Kebutuhan yang kian meningkat. Tak dapat dimungkiri, kian hari harga kebutuhan sehari-hari makin meningkat, hal tersebut membuat karyawan sulit untuk loyal di sebuah perusahaan jika mendapatkan
    penawaran lebih baik. Jika stay di sebuah perusahaan, kenaikan gaji berkalanya relatif sangat rendah, sementara perusahaan lain kerap menawarkan gaji yang kenaikannya jauh lebih signifikan.
  • Kestabilan perusahaan. Bisa jadi pada zaman dahulu perusahaan yang eksis masih sedikit dan relatif stabil. Kini banyak sekali perusahaan bermunculan namun belum dapat dipastikan keberlangsungannya. Sehingga jika karyawan merasa insecure, ia akan pindah ke perusahaan lebih stabil.
  • Lingkungan kerja. Yang satu ini juga kerap menjadi permasalahan bagi pekerja. Bila lingkungan kerja kurang nyaman, atau letak kantor terlalu jauh maka ada kemungkinan, karyawan akan mencari pekerjaan lain. Dulu, permasalahan lalu lintas belum seberat sekarang, kemacetan tanpa solusi kerap membuat para pekerja sulit bertahan jika jaraknya terlalu jauh.
  • Tidak ada kemajuan dalam berkarier. Fenomena ini juga sering terjadi di dunia kerja masa kini. Banyak pekerja sulit memeroleh kenaikan jabatan, padahal kinerjanya sudah cukup baik dan berprestasi. Hal ini semata-mata dilakukan perusahaan agar tunjangan dan fasilitas Si Pekerja tidak perlu ditingkatkan. Kalau sudah begini, tentu saja karyawan akan mencari peluang lain. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares