Parenting

8 Ide Permainan Seru untuk Si Kecil Kala Musim Hujan

By  | 

Saat hujan turun, biasanya Si Kecil akan gundah karena tak bisa lagi bermain di luar rumah. Daripada mendengar rengekan yang tak ada habisnya ini, bagaimana kalau Anda mengajak Si Kecil bermain bersama di dalam rumah. Dengan mengajaknya terus aktif bermain bersama Anda, hujan tidak akan lagi membuatnya jenuh dan rewel karena tidak bisa bermain. Ajak Si Kecil bermain beberapa permainan ini, yuk Mamas. Selain membuatnya gembira, permainan ini juga dapat mengasah kreativitas, motorik kasar, dan motorik halusnya.

  1. Membuat tenda. Ajak Si Kecil berkemah di dalam rumah. Cukup dengan selimut dan berbagai benda yang ada di kamarnya. Agar mirip seperti sedang berkemah di hutan, Anda bisa meredupkan lampu kamar. Seru bukan?
  2. Membuat kue. Bagi Anda yang gemar membuat kue, tak ada salahnya meminta Si Buah Hati membantu Anda. Kegiatan ini sangat menyenangkan lho Mams, baginya. Minta ia membantu Anda mengaduk adonan, mencetak hingga menghias kuenya jadi indah. Setelah kue matang, foto Si Kecil dan hasil kuenya yang ia buat tadi. Ia akan sangat gembira, Mams.
  3. Bermain bayangan tangan. Gelapkan kamar tidurnya, lalu pasang senter atau lampu tidur dengan mengarahkan cahayanya ke dinding. Buat berbagai bentuk bayangan hewan dengan jemari Anda. Kemudian, ajari balita Anda bagaimana membuat bayangan dengan tangannya seperti yang Anda lakukan tadi.
  4. Origami. Ajak Si Kecil membuat berbagai bentuk hewan dan lainnya dari kertas warna-warni ini. Kegiatan seni melipat kertas dari Jepang itu bisa menjadi alternatif menarik untuk mengisi waktu saat hujan. Setelah jadi, pajang hasil karya Si Kecil ini di kamarnya.
  5. Manfaatkan barang bekas. Kumpulkan barang-barang bekas tak terpakai yang ada di rumah Anda, seperti botol-botol plastik, kotak bekas sepatu, dan sebagainya. Buat aneka benda menarik sesuai imajinasi anak. Bila bingung, banyak contoh yang bisa jadi inspirasi Anda dengan melihat video di YouTube.
  6. Kerajinan tangan. Selain menggambar dan mewarnai seperti biasanya, Anda juga dapat mengajak Si Kecil membuat kolase gambar di atas karton dmenggunakan kancing bekas atau bahan-bahan lain yang disusun sesuai gambar yang diinginkan.
  7. Nonton film anak. Si Kecil tentunya punya tokoh film anak favoritnya. Jadi agar tak bosan, Anda bisa mengajaknya menonton film favoritnya itu. Jangan lupa, Anda juga bisa sambil terus berinteraksi dengannya mengenai jalan cerita film.
  8. Bermain peran. Setelah usai menonton film anak tadi, Anda juga bisa mengajak Si Kecil bermain peran sesuai cerita pada film yang ditonton tadi. Ini akan jadi aktivitas seru yang disukainya lho. Buat kostum sederhana untuk menggambarkan peran tersebut juga bisa Anda lakukan. Seperti membuat topeng dari kardus tak terpakai, atau membuat sayap seperti Superman dari kain yang ada di rumah. Selamat bersenang-senang bersama Si Kecil, Mamas! (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares