Health

6 Manfaat Air Kelapa untuk Calon Mama

By  | 

Salah satu nasihat yang kerap Anda dengar dari orangtua atau teman yang lebih dulu jadi ibu adalah agar Anda sering mengonsumsi air kelapa hijau, bukan? Mereka bilang air kelapa tersebut baik untuk kehamilan maupun janin dalam kandungan Anda. Sebetulnya seberapa bagus air kelapa hijau itu untuk para mamas to be dan apa saja manfaatnya? Simak pembahasan Smart Mama berikut.

1. Mencegah dehidrasi dan membantu atasi kelelahan.
Ketika hamil, Anda memang lebih mudah kepanasan sehingga akan sering berkeringat. Selain itu, Anda juga lebih gampang lelah. Nah, air kelapa bisa membantu atasi hal tersebut dengan mengganti cairan yang keluar dari tubuh Anda melalui keringat, sehingga terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

2. Meningkatkan imunitas
. Kandungan antioksidan, beberapa vitamin dan mineral di dalam air kelapa mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, konsumsi air kelapa yang teratur ternyata bisa melindungi Anda dan Si Janin dari risiko terserang suatu penyakit.

3. Melawan infeksi.
Konsumsi air kelapa segar juga bisa membantu calon mama melawan dan mencegah penyakit infeksi seperti flu, HIV, dan sebagainya, berkat kandungan antibakteri dan antivirus yang ada di dalamnya.

4. Mengatasi konstipasi dan heartburn. Dua hal ini memang lazim terjadi pada wanita hamil. Tapi kabar baiknya, keduanya bisa diatasi dengan air kelapa yang secara efektif membantu membersihkan saluran cerna sekaligus membuang racun di dalam tubuh.

5. Meminimalisasi risiko ISK
. Infeksi Saluran Kemih juga rawan dialami wanita hamil dan risiko tersebut bisa diminimalisasi dengan konsumsi air kelapa. Cairan sehat ini juga menjaga kesehatan ginjal Anda lho, Mamas to be.

6. Mengontrol gula darah. Dilengkapi vitamin C, magnesium, potasium, antioksidan, dan protein penting, minuman alami ini juga dapat mengontrol kolesterol, gula darah, dan tekanan darah dalam tubuh. Secara otomatis hal ini mengurangi terjadinya hipertensi yang dapat memicu preeklamsia pada mamas to be. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares