Health

Tip Jaga Kesehatan Telinga Si Kecil

By  | 

Berbagai kegiatan yang dilakukan Si Kecil kerap memicu timbulnya kotoran bahkan bakteri di dalam telinganya. Tak hanya itu, akibat letak lubang telinga yang berada di bagian dalam, maka berpotensi menimbulkan jamur serta infeksi jika tidak dirawat dengan baik lho, Mams. Nah, agar kesehatan telinga Si Kecil tetap terjaga, yuk lakukan hal ini.

  • Bersihkan dengan obat tetes. Konsultasi dengan dokter anak ya Mams untuk mengetahui obat tetes seperti apa yang cocok untuk telinga Si Kecil. Jangan gunakan alat lain seperti cotton bud karena jusru akan menimbulkan jamur serta infeksi. Bersihkan seminggu sekali ya Mams agar telinganya senantiasa bersih dan sehat.
  • Secara berkala Anda harus melihat ke dalam telinga anak. Terkadang anak-anak suka memasukkan sesuatu ke dalam telinganya. Atau secara tidak sengaja bisa juga serangga masuk ke dalam lubang telinga saat anak bermain di luar rumah. Hal ini dapat memicu rasa tak nyaman pada anak dan dapat menyebabkan infeksi. Pastikan Anda rajin untuk cek telinga Si Kecil ya.
  • Bersihkan gendang telinga setelah ia mandi. Nah yang satu ini boleh menggunakan cotton bud Mams. Setelah mandi, bersihkan area luar atau gendang telinga Si Kecil dengan cotton bud¬†lembut.
  • Jaga telinganya saat berenang. Jika usia anak masih sangat kecil, ada baiknya Anda menggunakan earplug untuk Si Kecil guna menghindari bakteri air kolam renang masuk ke dalam telinganya. Jika usia anak sudah cukup besar, setelah berenang, cukup keringkan telinganya kemudian teteskan obat pembersih telinga. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares