Cara Jelaskan Perayaan Hari Besar pada Balita

By  | 

Mamas, anak Anda tentu sering bertanya mengapa perlu merayakan hari besar dan setiap hari besar tentu dirayakan secara berbeda. Lalu bagaimana cara menjelaskan pada Si Balita dengan bahasa yang mudah ia pahami? Simak tip Smart Mama berikut ini.

  • Mulailah dengan sejarah. Apapun perayaannya tentu dilatarbelakangi dengan sejarah, misalnya perayaan hari besar agama, hari kemerdekaan, maupun hari besar lainnya. Anda bisa googling sejarah setiap hari besar dan menjelaskannya pada Si Kecil. Tentu saja dengan kemasan menarik ya Mams, jangan membosankan agar ia mendengarkan dengan seksama.
  • Terangkan juga lewat simbol. Setiap perayaan tentu memiliki simbol. Contohnya hari Natal dengan christmas tree, Lebaran dengan ketupat, atau bendera setiap hari kemerdekaan.
  • Menonton film atau membaca dongeng. Penjelasan Anda akan lebih mudah ditangkap Si Kecil jika sambil menonton film atau membaca buku. Download film yang berkisah tentang perayaan atau koleksi buku bertema serupa.
  • Ajak Si Kecil berpartisipasi dalam setiap perayaan. Tak hanya hari besar agama Anda, pada hari besar agama lain pun sebaiknya Si Kecil ikut berpartisipasi dengan mengucapkan selamat kepada kerabat yang merayakan. Hal ini juga dapat mengajarkan anak toleransi beragama. Nah di hari kemerdekaan ajak Si Kecil mengikuti berbagai lomba. Pasti seru! (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares