Education

Agar Si Kecil Semangat Sekolah ( Sehabis Liburan)

By  | 
Pernahkah Anda mendapati Si Kecil malas bangun pagi karena tidak semangat ke sekolah, terlebih setelah ia liburan panjang? Jika ya, Anda perlu baca trik Smart Mama berikut ini, Mams.
1. Senangnya memiliki banyak teman. Hal pertama yang harus diajarkan pada anak agar semangat berangkat ke sekolah tentu bukan mengenai pentingnya ilmu atau pelajaran yang akan didapat, apalagi saat ia baru masuk tingkat Playgroup atau Taman Kanak-Kanak. Ingatkan Si Kecil bagaimana serunya ia bermain kembalibersama teman-temannya di sekolah, meluncur di perosotan, main ayunan, kejar-kejaran, bertukar cerita, dan hal lain yang membuat ia ingin ke sekolah.
2. Kenapa harus belajar? Tentu tak semua anak mengerti pentingnya belajar. Saat akhir pekan, ajak Si Kecil berlibur sambil belajar. Misalnya pergi ke kebun binatang, taman bermain yang banyak tanaman, atau museum. Lalu, berikan sedikit informasi seputar pengetahuan umum. Setelah ia tertarik, sampaikan bahwa akan lebih banyak informasi menarik yang bisa di dapat jika rajin ke sekolah.
3. Bekal sekolah spesial. Buatkan Si Kecil menu lezat kesukaannya untuk bekal sekolahnya. Misalnya, pancake, sandwich, atau corn flakes kesukaannya. Ajarkan ia juga untuk sesekali berbagi bekal dengan teman-teman lainnya.
4. Suasana gembira. Saat mengantar Si Kecil ke sekolah, jaga suasana hatinya agar tetap senang dan semangat. Misalnya dengan memutar lagu kesukaannya, mengajak berbincang seputar kejadian seru di sekolahnya, atau bagaimana ia bisa bermain dengan teman-temannya.
5. Peralatan sekolah. Tak ada salahnya memberikan salah satu barang baru seperti tas, sepatu, atau tempat pensil. Ini bisa membuatnya semangat juga, lho, karena pada dasarnya anak akan suka mencoba atau menggunakan sesuatu yang baru.(Yosi Avianti/LD/ Photo: Istockphoto.com)

Shares