Health

5 Makanan Pemicu Bau Badan

By  | 

Siapa sih yang ingin memiliki bau badan? Pasti Anda juga menolak kan, Mamas? Selain membuat rasa percaya diri terkikis, bau badan juga bisa bikin Anda ‘dijauhi’ dalam pergaulan lho. Selain faktor ‘bawaan’, ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu timbulnya bau tak sedap dari tubuh seseorang. Bukan berarti Anda dilarang untuk mengonsumsinya, tapi mungkin Anda bisa mulai membatasinya nih, Mams. Makanan apa saja sih yang bisa bikin Anda jadi bau badan? Simak yang berikut ini.

1. Protein berlebihan. Anda yang berdiet karbo biasanya menggantinya dengan protein seperti telur atau daging-dagingan untuk mengenyangkan perut. Apalagi jika Anda tidak mengimbangi dengan serat seperti aneka sayur dan buah. Namun hal ini membuat tubuh Anda tak memiliki cukup karbohidrat dari makanan untuk diproses menjadi energi, sehingga akhirnya lemak yang dibakar. Hasil dari proses ini adalah keton dan keton inilah yang bisa memicu timbulnya bau pada badan dan napas Anda.

2. Daging merah. Sebuah penelitian dilakukan beberapa tahun lalu terhadap 17 laki-laki untuk makan daging dan tidak makan daging merah selama dua minggu. Lalu aroma keringat mereka dikumpulkan untuk dicium oleh 30 wanita lalu diberi rangking berdasarkan kadar maskulinitas, menarik, hingga menyenangkan untuk dihirup. Ternyata yang menduduki peringat atas adalah mereka yang tidak makan daging merah sama sekali.

3. Makanan berempah kuat seperti kari. Sudah menjadi rahasia umum ya bahwa makanan bercitarasa rempah yang kuat seperti masakan India memang mengeluarkan aroma tajam yang kurang sedap dicium. Jadi bila tak ingin keringat Anda mengeluarkan bau tak sedap, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan satu ini ya, Mamas.

4. Makanan olahan dan junk food. Tubuh Anda memang tidak bisa mencerna makanan dan olahan dan junk food karena makanan tersebut sudah melalui berbagai proses pengawetan. Biasanya makanan ini akan ‘tinggal’ lebih lama dalam tubuh Anda namun tubuh tetap harus mengeluarkan racun melalui pori-pori kulit Anda. Inilah yang menyebabkan tubuh berbau kurang sedap.

5. Produk olahan susu. Berbagai produk ‘turunan’ susu dari sapi, kambing, domba, dan mamalia lain seperti keju, cream cheese, butter, buttermilk, susu bubuk, dan sebagainya memang lezat. Namun selain bisa membuat sembelit jika dikonsumsi berlebihan, dairy products ini juga bisa membuat bau badan lho, Mamas. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

 

Shares