Pleasure

Wisata Sejarah ke Museum Kepresidenan RI, Bogor

By  | 

Menyambut long weekend ini, Anda bisa mengajak Si Kecil sesekali untuk berwisata sejarah. Ke mana ya, Mamas? Nah Anda bisa membawanya mengunjungi Museum Kepresidenan Republik Indonesia yang berada di Istana Bogor. Penasaran ada sejarah apa saja di sana? Berikut ringkasannya, Mams!

Museum Kepresidenan Republik Indonesia ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada para presiden Indonesia. Selain itu, Museum Kepresidenan RI juga bisa menjadi salah satu tempat wisata edukasi bagi anak-anak. Ya, sejarah panjang bangsa Indonesia yang mampu membebaskan diri dari para penjajah, dan memproklamirkan hari kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 yanh hingga kini telah memiliki tujuh orang presiden. Patutlah kita sebagai bangsa Indonesia mengenang jasa para pemimpin. Museum Kepresidenan Republik Indonesia di Istana Bogor ini diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada hari Sabtu, 18 Oktober 2014 silam.

IMG_4898

Presiden SBY memberikan nama Balai Kirti untuk Museum Kepresidenan Republik Indonesia di Istana Bogor ini. Balai Kirti berasal dari dua kata, Balai berarti bangunan dan Kirti berarti kemasyhuran. Jadi Balai Kirti memiliki makna ‘ruang menyimpan kemasyhuran” atau bangunan yang menyimpan dan memamerkan berbagai benda peninggalan bersejarah yang membawa suatu kemasyhuran.

Mams, Museum Kepresidenan Republik Indonesia ini terletak di Istana Bogor, tepatnya di bagian kiri istana. Pintu masuk museum ini tidak jauh dari SMA Negeri 1 Bogor. Di bagian depan Museum Kepresidenan RI ini terdapat sebuah prasasti bertulisan “Setiap Presiden Pasti Berbuat yang Terbaik Bagi Indonesia”.

IMG_4903

Museum Kepresidenan Republik Indonesia memiliki bangunan tiga lantai. Di lantai satu, dinamakan Galeri Kebangsaan, ditampilkan sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Yang paling menarik di lantai ini adalah adanya enam patung perunggu Presiden RI. Selain itu, terdapat naskah proklamasi, lambang negara, burung garuda, pembukaan UUD 1945, pancasila, sumpah pemuda, dan lagu kebangsaan Indonesia Raya bisa ditemukan di lantai pertama ini. Menariknya, di Galeri Kebangsaan ini juga terdapat peta digital yang menggambarkan sejarah perkembangan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan ruang audio visual yang akan menayangkan film-film terkait dengan peristiwa dan prestasi presiden-presiden Republik Indonesia. Ini tentu membuat Museum Kepresidenan Republik Indonesia semakin menarik.

IMG_4904

Beranjak ke lantai dua adalah Galeri Kepresidenan. Memamerkan berbagai koleksi dan informasi penting mengenai karya dan prestasi enam presiden. Menampilkan kisah perjalanan kepemimpinan Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurahman Wahid, Megawati Soekarno Putri, dan Susilo Bambang Yudhoyono lengkap dengan jubah kebesaran dan ruang kerjanya. Sejarah para presiden ini juga dilengkapi memorabilia, lukisan, album foto digital, dan video wall. Di setiap profil itu, kata-kata mutiara masing-masing presiden juga ditampilkan, salah satunya adalah “Jangan sekali-sekali melupakan sejarah” dari Presiden Soekarno.

Di lantai teratas, lantai tiga, ada ruangan besar yang berisi sofa dan taman. Lantai ini sepertinya dibuat untuk tempat bersantai sambil menikmati sejarah para pemimpin bangsa ini.

Museum Kepresidenan Republik Indonesia di Istana Bogor ini dibuka untuk umum. Namun sebelum berkunjung ke museum baru ini,  Anda  harus menghubungi pihak sekretariat Istana Bogor terlebih dahulu. Tujukan surat permohonan kepada :

Kepala Museum Kepresidenan RI Balai Kirti
Kompleks Istana Kepresidenan Bogor
Jl.Ir.H.Juanda No.1 Bogor.

Jadwal kunjungan adalah :
Selasa – Jumat, Pukul 09.00 – 15.00 WIB
Sabtu – Minggu, Pukul 09.00 – 13.00 WIB
Senin dan Hari Libur Nasional -Tutup. (Yosi Avianti/LD/Photo: Various)

Shares