Health

Jika Calon Mama Memiliki Kelainan Jantung

By  | 

Wajar saja jika seorang calon mama dengan memiliki kelainan tertentu akan merasa cemas saat dinyatakan hamil. Pasalnya, mamas to be yang dinyatakan sehat saja bisa mengalami komplikasi. Apalagi yang memiliki penyakit pada organ sangat penting yakni jantung. Namun jangan cemas ya Mams, asalkan rajin merawat serta tetap semangat, maka kehamilan Anda akan lancar kok.

Kenali Risiko

Kehamilan dengan penyakit jantung tentu ada risikonya, namun jangan diartikan sebagai sesuatu yang menakutkan lho Mams. Berbagai risiko di bawah ini patut Anda ketahui agar segera mendapatkan solusi.

  • Perubahan pada detak jantung. Hal ini memang akan terjadi pada semua wanita hamil, sehingga Anda tidak perlu khawatir ya Mams to be.
  • Gagal jantung. Meningkatnya volume darah dalam tubuh kala hamil dapat memicu gagal jantung.
  • Kelahiran prematur serta menurunnya penyakit jantung pada Si Kecil. Jika Anda sudah memiliki kelainan jantung sejak lahir maka Anda berisiko menurunkannya pada Si Bayi. Hal ini juga dapat menyebabkan Si Kecil lahir prematur.

Agar Kehamilan Berjalan Lancar

  • Tetap optimis. Semangat serta rasa optimisme dapat membuat Anda tetap merasa tenang sehingga segala kendala dapat teratasi. Jantung Anda juga akan bekerja lebih normal daripada Anda merasa stres dan cemas yang justru akan menimbulkan permasalahan pada jantung.
  • Rajin berkonsultasi. Meskipun optimis, jangan abaikan segala macam risiko yang mungkin saja timbul. Oleh karena itu, Anda harus rajin berkonsultasi baik dengan ahli kandungan maupun dokter jantung, bisa jadi Anda harus mendapatkan obat yang sesuai baik untuk janin maupun untuk kesehatan jantung Anda.
  • Istirahat yang cukup. Wanita hamil lebih mudah lelah, apalagi bagi Anda yang memiliki penyakit jantung. Pastikan istirahat Anda cukup ya Mams, tidur Anda pun harus berkualitas lho (baca: Me Time dengan Tidur Berkualitas).
  • Perhatikan berat badan. Kelebihan berat badan akan memicu jantung Anda bekerja lebih keras. Pastikan berat badan Anda tetap ideal sesuai porsi normal wanita hamil, jaga juga asupan Anda ya Mams, perbanyak konsumsi sayuran dan buah serta vitamin bermanfaat bagi Anda maupun Si Kecil.
  • Perbanyak ‘me time’. Jika jiwa Anda relaks, maka jantung juga akan lebih relaks, perbanyak ‘me time’ Anda dengan mengunjungi spa khusus wanita hamil, mendengarkan musik lembut, short getaway yang tidak perlu melakukan perjalanan panjang, juga membaca buku.
  • Pertimbangkan proses persalinan. Proses persalinan tentu tidak mudah bagi Anda yang memiliki kelainan jantung. Oleh karena itu, segera konsultasikan dengan dokter proses seperti apa yang sebaiknya dijalani. Jangan memaksa untuk melahirkan normal jika memang kondisi tak memungkinkan. Yang terpenting Anda serta Si Kecil sehat dan normal.

Penyakit Jantung Vs Menyusui

Pada umumnya, wanita yang terkena penyakit jantung apalagi cukup berat tidak diperkenankan menyusui Si Kecil. Pasalnya, mekanisme pemberian ASI dapat menyebabkan kontraksi jantung dan memacu kerja jantung menjadi lebih keras. Hal ini sangat berbahaya bagi Anda, sebaiknya, sejak dini Anda sudah memikirkan asupan alternatif yang akan diberikan kelak. Apakah akan memberikan susu formula atau mencari donor ASI yang tepat. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares