Health

6 Makanan Peningkat Imunitas Tubuh

By  | 

Musim pancaroba yang sekarang tengah melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya, membuat Anda lebih rentan terserang flu dan salesma. Oleh karena itu lakukan upaya pencegahan seperti rajin mencuci tangan dengan sabun serta memiliki waktu tidur sekitar 6-8 jam setiap hari, agar imunitas tubuh Anda tetap terjaga. Selain melakukan hal tersebut, ada hal lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Apa saja makanan ‘pendongkrak’ sistem imun Anda?

1. Kacang mede. Siapa sih yang tidak suka ngemil kacang mede? Rasa gurihnya yang nikmat ternyata tak hanya menyenangkan lidah Anda lho, sebab kacang satu ini kaya akan seng yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Sumber lain yang kaya seng yang baik untuk tubuh adalah daging sapi, daging ayam, dan sereal.

2. Yogurt. Baik yang plain atau memiliki campuran rasa buah, yogurt merupakan sumber bakteri baik yang dikenal sebagai probiotik. Probiotik ini menjaga usus dalam sistem pencernaan manusia sehingga lebih kebal terhadap penyakit. Pasalnya tidak sedikit penyakit yang menyerang sistem pencernaan Anda, oleh karena itu menjaga bagian ini tetap sehat dengan rutin mengonsumsi yogurt adalah hal bijak yang dapat Anda lakukan lho, Mams.

3. Bawang putih. Memakan bawang putih mentah mungkin sulit untuk Anda lakukan, bukan? Tapi tak ada salahnya jika Anda coba mengonsumsi suplemen bawang putih yang tersedia di pasaran sebagai makanan pendukung daya tahan tubuh. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Inggris terhadap 146 orang yang sudah mengonsumsi suplemen tersebut selama 12 minggu, dilaporkan jadi lebih jarang sakit demam atau flu. Ini karena bawang putih memiliki kandungan allicin yang ampuh melawan infeksi dan bakteri.

4. Wortel. Kulit sebagai bagian tubuh terluar manusia merupakan ‘perisai’ yang melindungi bagian ‘dalam’ tubuh Anda yang lain. Oleh karena itu, jangan lupa juga untuk memberikan nutrisi ke kulit dengan mengonsumsi vitamin A yang banyak terdapat di dalam wortel. Fungsi vitamin A yang lain adalah peningkat sistem kekebalan tubuh yang bisa mengurangi risiko Anda dari infeksi. Lalu seberapa banyak vitamin A ini Anda butuhkan? Untuk orang dewasa, rekomendasi para ahli adalah 700-900 mg, yang bisa didapat dari sumber lain seperti brokoli, kale, ikan, kentang, dan aprikot.

5. Apel. Pepatah lama yang bilang an apple a day keeps the doctor away mungkin memang benar adanya. Pasalnya apel mengandung quercetin, yaitu zat kimia yang bertindak sebagai antioksidan penghalau radikal bebas, yang secara tidak langsung juga bisa membuat daya tahan tubuh Anda cenderung lebih kuat.

6. Stroberi. Jika selama ini Anda berpikir bahwa sumber vitamin C tertinggi adalah jeruk, ternyata tidak demikian lho, Mams. Stroberi pun tak punya kandungan vitamin C yang memegang peranan penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh kita, serta membantu tubuh melawan infeksi. Selain buah berwarna merah ini, dapatkan asupan vitamin C lain dari buah kiwi, tomat, paprika merah, dan paprika hijau. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares