Mind

Kebiasaan yang Membuat Calon Mama Sulit Tidur

By  | 

Idealnya, waktu tidur orang dewasa setiap hari adalah 7-8 jam. Tapi tak semua orang bisa mendapatkan tidur berkualitas karena berbagai macam faktor. Ibu hamil pun demikian, biasanya seiring dengan membesarnya usia kehamilan, calon mama cenderung kurang mendapatkan tidur berkualitas. Ini karena perut yang semakin membesar sehingga Anda sulit mencari posisi tidur yang nyaman. Tapi sebetulnya tanpa disadari ada hal atau kebiasaan lain yang bisa membuat para mamas to be sulit tidur. Hal tersebut adalah:

1. Terlalu banyak bekerja. Saat mengandung, kemampuan Anda untuk bekerja pasti tidak ‘selincah’ sebelumnya. Oleh karena itu, cobalah lebih kompromi pada diri sendiri dengan membatasi jam kerja Anda, baik calon mama yang berkarier di kantor atau calon mama yang di rumah. Di sela-sela pekerjaan, ambilah waktu rehat selama minimal 15-30 menit untuk sekadar relaks atau jika memungkinkan tidur sejenak, sehingga di malam hari Anda bisa tidur nyenyak.

2. Menggunakan gadget di tempat tidur. Akui deh, Mamas to be, sebagian besar dari kita masih sering melakukan hal satu ini. Meskipun sudah waktunya tidur, Anda masih saja kerap memegang laptop, tab, atau ponsel Anda. Untuk calon mama bekerja, melihat email yang masuk di malam hari bisa mengganggu fokus Anda dan memicu stres lho. Tak hanya itu, cahaya dari gadget pun bisa membuat mata Anda malah ‘terbuka’ dan kantuk pun bisa hilang. So, mulai malam ini, segera hilangkan kebiasaan ini yuk.

3. Terlalu banyak tidur saat weekend. Bekerja setiap hari membuat orang kerap menunggu saat akhir pekan dan tak sedikit yang menjadikan hari libur mingguan ini untuk ‘banyak-banyak tidur’. Apakah Anda menggangguk setuju, Mamas to be? Ternyata, ‘membayar utang’ tidur yang kurang di hari kerja saat Sabtu dan Minggu malah akan membuat Anda jadi sulit tidur di kemudian harinya. Jadi, boleh-boleh saja Anda tidur siang saat akhir pekan, asal jangan terlalu lama hingga lebih dari tiga jam ya.

4. Menghiraukan rasa sakit. Back pain dan heartburn adalah masalah yang kerap terjadi pada ibu hamil. Bila dibiarkan tanpa diatasi, hal tersebut bisa mengganggu tidur Anda karena Anda akan merasa kesakitan dan tak nyaman, bukan? Maka dari itu, segera temui dokter guna mendapatkan solusinya.

5. Tingkat stres yang tinggi. Mood swings yang terjadi akibat perubahan hormon membuat perasaan Anda jadi lebih sensitif. Hal ini secara tak langsung bisa memicu Anda untuk stres karena apapun yang orang lain katakan membuat Anda jadi memikirkan hal itu bahkan hingga malam hari. Atasi stres ini dengan menonton serial drama komedi misalnya. Tertawa terbahak-bahak merupakan cara sederhana melepas stres. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares