Education

Trik Ajarkan Si Kecil Membaca Jam

By  | 

Memasuki usia 4-5 tahun, biasanya Si Kecil sudah mulai tertarik mengenal jam. Bila Anda bingung bagaimana mengajarkan Si Kecil membaca jam, yuk simak trik Smart Mama berikut.

1. Mulailah membiasakan diri dengan menyisipkan kata-kata keterangan waktu. Misalnya, “Besok kita berangkat ke rumah nenek jam 10 pagi ya”, atau “Jangan lupa memakan bekal makan siang kamu jam 12 siang ya Nak.”

2. Kemudian, kenalkan Si Kecil dengan konsep waktu. Ini berguna agar Si Balita memahami kalau kata jam, menit, dan detik digunakan untuk mengetahui kapan sebuah kegiatan dimulai dan berakhir. Misalnya, ia boleh bermain mobil-mobilan selama 30 menit.

3. Setelah anak Anda memahami konsep waktu, ajarkan ia angka 1 hingga 60. Anda bisa mengajarkannya melalui kehidupan sehari-hari di sekelilingnya. Misalnya angka yang tertera di baju seseorang yang berpapasan dengannya di mal, atau angka yang ada di papan iklan dalam perjalanannya menuju sekolah.

4. Agar ia lebih memahami konsep menit lebih lanjut, coba ajarkan ia penjumlahan ya, Mamas.

5. Setelah ia menguasai angka,
Anda bisa mengajarkan Si Kecil bagaimana membaca jam digital terlebih dahulu.

6. Bila ia sudah memahami betul bagaimana membaca jam digital, maka kini waktunya Anda mulai mengajarkan ia bagaimana membaca jam analog. Anda bisa melatihnya langsung menggunakan jam dinding di rumah  atau mainan jam yang bisa mendukung ia belajar membaca jam. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares