Health

Makanan Sumber Protein untuk Calon Mama

By  | 

Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda ketika hamil adalah protein. Untuk para calon mama, protein berfungsi mendukung perkembangan sel janin, perkembangan otak, serta berperan bagi proses pembentukan darah. The American Pregnancy Association merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi protein sebanyak minimal 75-100 gr protein per hari, yang bisa Anda dapatkan dari beberapa makanan berikut:

1. Daging merah dan unggas. Kedua jenis protein hewani ini sangat baik untuk mendukung kesehatan kehamilan Anda. Tapi ingat, daging merah dan daging unggas itu harus dimasak sampai matang sempurna ya, Mamas to be. Anda juga boleh makan steak kok selama tingkat kematangannya well done.

2. Lentil. Kaya akan asam amino dan protein yang diperlukan untuk perkembangan sel janin. Yang termasuk di dalam lentil adalah kacang merah, kacang polong, dan kacang hitam. Anda bisa mencampurnya dengan salad buah atau sup daging untuk mendapatkan ekstra nutrisi.

3. Kacang-kacangan. Jika lentil tidak bisa dijadikan camilan, tapi kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, dan walnut bisa langsung jadi sumber protein yang praktis. Jadikan kacang-kacangan ini sebagai snack favorit yang ada dalam toples di meja kerja atau meja makan rumah Anda ya.

4. Produk dairy. Susu, yoghurt, keju, dan telur adalah produk dairy yang mengandung protein tinggi. Produk ini biasanya dilengkapi juga dengan asam lemak omega 3 yang juga diperlukan bagi perkembangan otak janin.

5. Tahu dan kacang kedelai. Protein nabati yang tinggi terdapat dalam tahu dan kacang kedelai. Produk olahan kacang kedelai lain seperti mie kedelai dan susu kedelai juga memiliki kandungan protein yang tak kalah baik untuk ibu hamil. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares