Relationship

Smart Mama Story : Menghadapi Berbagai Tipe Ibu Mertua

By  | 

Tiap istri pasti memiliki mama mertua dengan kepribadian berbeda. Lalu seperti apa tipe mama mertua Anda, Mamas? Apakah sama seperti cerita para Smart Mama berikut?

“Mami mertua saya tipe yang senang berkomentar dalam hal apapun. Terkadang komentarnya positif tapi seringkali negatif sih. Biasanya ia paling sering kasih komentar masalah pengasuhan anak. Sebagai menantu, saya hanya bisa mengiyakan untuk menghindari keributan.”
Angel, 27 tahun, mama dari Katrin, 2 tahun

“Mama mertua saya adalah tipe perempuan yang senang dimanja dan diperhatikan. Dalam sehari saya wajib menelepon hanya untuk sekadar menanyakan kabar beliau. Karena kesibukan di kantor saya seringkali lupa. Buat ia perhatian dari orang-orang terdekatnya sangatlah penting.”
Anisya, 35 tahun, mama dari Lola, 5 tahun

“Ibu mertua saya punya hobi mengkritik. Apa pun bisa jadi bahan kritikannya. Salah satunya adalah cara berpakaian saya yang cenderung kasual. Menurutnya sebagai istri haruslah berpenampilan rapi. Misalnya, mengenakan dress atau kemeja saat bepergian. Ini jelas membuat saya kesal!”
Varla, 32 tahun, mama dari Kevin, 4 tahun

Berikut tiga tipe mertua dan cara mengatasinya:

1. Tipe mertua  yang suka menilai. Apapun yang Anda lakukan pasti akan dinilai olehnya. Hal ini otomatis membuat seorang menantu merasa tak nyaman. Untuk menghadapi mertua yang demikian, cobalah untuk sopan dan sedikit merendahkan diri Anda.
2. Tipe mertua suka mengatur. Tipe mertua yang demikian sudah pasti seringkali mengkritik. Hal inilah yang seringkali menjadikan rumah tangga menjadi kurang harmonis. Cara menghadapinya adalah dengan berlaku sopan, tetap menghargainya, dan mintalah padanya untuk diberi kesempatan menyelesaikan masalah Anda sendiri.
3. Tipe mertua yang selalu ingin dimanja. Tipe mertua yang demikian memang terkadang membuat kita sangat tidak nyaman. Apalagi seakan-akan perhatian suami lebih banyak untuk ibunya. Bersabar adalah cara paling ideal dan tak ada salahnya  menjelaskan pada suami apa yang tengah Anda rasakan. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares