Mind

Kiat Hadapi Rasa Cemas Berlebih

By  | 

Q: Saya adalah tipe orang yang mudah cemas akan sesuatu. Bila ada sedikit saja hal mengganggu,, saya akan langsung kepikiran. Dan rasa takut serta cemas berlebihan ini kadang membuat saya sampai berkeringat, tangan gemetar, hingga sulit bernapas. Bagaimana ya, mengatasi hal ini?

Sheila, 29 tahun, mama dari Jordy, 2 tahun

 A: Saat perasaan tak nyaman menghinggapi, biasanya hal ini memang bisa berpengaruh juga pada tubuh Anda. Seperti berkeringat, tangan gemetar, mual, hingga sulit bernapas. Lalu bagaimana mengatasinya? Simak tip dari Smart Mama berikut ini ya, Mamas. 

  1. Tarik napas. Walau terdengar simpel, namun hal ini sangat ampuh mengatasi kecemasan. Tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan. Buang semua kepanikan dan gunakan logika untuk mengatasi kekhawatiran tersebut. Panik bisa membuat Anda berpikir terlalu jauh, jadi tenangkan diri terlebih dulu dengan mengatur napas ya.
  2. Jangan biarkan rasa cemas menguasai Anda. Ketika cemas dan khawatir akan sesuatu, maka Anda akan susah tidur disertai denyut nadi semakin kencang. Bahkan ada kalanya membuat putus asa. Jangan biarkan perasaan seperti itu menguasai dan mengambil alih hidup Anda. Pikirkan bahwa apapun masalah yang dihadapi akan selesai dan berlalu. Ini akan membantu Anda menanggulangi kecemasan tersebut.
  3. Lakukan hobi. Dengan melakukan hal yang disukai, ini bisa mengalihkan rasa cemas Anda lho, Mamas. Setelah rasa cemas mereda, mulailah mencari solusi dari penyebab kecemasan Anda tadi.
  4. Minum teh. Bunga chamomile memiliki senyawa yang bisa membuat tubuh dan pikiran lebih tenang. Minum teh chamomile 1-2 cangkir setiap hari untuk mengatasi rasa cemas. Anda juga bisa meminum teh hijau, Mams, karena asam amino dalam kandungan teh hijau dapat memberi efek menenangkan. Cukup minum teh hijau hangat maksimal tiga cangkir per hari.
  5. Yoghurt. Selain minum teh, Anda juga bisa mengonsumsi yoghurt tak hanya menjaga kesehatan pencernaan saja. Kandungan probiotik dalam yoghurt juga dapat mengurangi rasa cemas yang melanda. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares