Interior Design

Inspirasi Rumah Bergaya Country

By  | 

Rumah country di benua Amerika kini banyak diadopsi di Indonesia. Anda yang ingin memiliki desain hunian unik, boleh bereksperimen dengan rumah bergaya koboi ini. Dulu, gaya ini lebih tren ketimbang gaya mediteranian yang ‘baru’ booming pada era 90an. Kehangatan di dalam gaya hunian ini membuat para pemilik rumah penasaran untuk ikut menerapkannya juga. Ciri yang ditonjolkan hunian bergaya country hampir sama dengan desain rumah mediteranian, karena banyak menggunakan bahan yang berasal dari alam.

 

Fireside Home Construction 7_9454

Material Alam

Rumah bergaya country atau western, banyak mengaplikasikan material batu dan kayu. Gaya ini juga lebih mengedepankan unsur kekunoan. Biasanya penyuka gaya ini memiliki jiwa nostalgia sangat kental. Pemiliknya pun tidak jarang merupakan kolektor benda-benda antik, termasuk lukisan klasik.

Eksterior

Dari sisi eksterior, ciri-ciri arsitektur berkonsep country ini bisa dilihat dari material bangunannya. Batu-batuan alam kerap menghiasi seluruh atau sebagian permukaan dinding rumah. Selain batu, kayu juga banyak diaplikasikan untuk dinding. Sebagai pemanis, aneka tanaman akan membuat rumah lebih asri. Sementara dari sisi atap, ciri yang menonjol adalah penggunaan atap berbentuk pelana, atau atap dua sisi miring dengan ditopang kayu.

 

country-home-decorating-ideas-living-rooms-8

Interior

Rumah country biasanya mengadopsi warna-warna alam, semisal kuning kecokelatan sehingga kesan yang muncul adalah kehangatan. Tapi tak jarang juga menerapkan warna asli dari bahan alam yang digunakan, yaitu warna batu dan kayu, atau warna hijau daun. Penyuka gaya ini sering mengaplikasikan pajangan berupa kepala sapi atau pelana kuda. Biasanya benda- benda tersebut diletakkan di atas pintu atau di bagian atas dekat plafon.

Homey

Kesan dari rumah bergaya country adalah asri, hangat, dan homey. Sementara kekurangannya adalah, dibutuhkan budget tidak sedikit untuk mengaplikasikan rumah dengan gaya ini. Mengingat beberapa unsur ruangan harus menggunakan bahan-bahan alam berharga mahal. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares