Mind

5 Pertanyaan ‘Memalukan’ Anda pada Obgyn (dan Jawabannya)

By  | 

Mamas to be, saat mengunjungi dokter kandungan tentu saja benak Anda dipenuhi berbagai pertanyaan seputar kehamilan dan kondisi Si Janin . Namun berdasarkan pengalaman Smart Mama, ada beberapa hal yang sangat Anda ingin tanyakan pada dokter kandungan, namun Anda malu mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Berikut lima pertanyaan memalukan yang seringkali membuat penasaran calon mama berikut jawabannya.

  1. Apakah vagina saya akan menjadi lebar paska melahirkan? Jangan khawatir Mams, vagina Anda memang sudah didesain untuk melahirkan bayi dan akan kembali seperti semula paska melahirkan. Namun jika Anda khawatir kehidupan seks Anda akan terganggu, ada baiknya lakukan senam kegel sebanyak 5-10 set setiap hari sesaat setelah kelahiran Si Kecil ya, Mams.
  2. Apakah berat badan saya naik terlalu banyak? Masalah berat badan memang sangat sensitif bagi wanita. Oleh karena itu para calon mama enggan menanyakan apakah kenaikan berat badannya sudah sesuai dan normal untuk kehamilan. Nah untuk urusan satu ini Anda jangan sungkan berdiskusi pada dokter ya Mams. Pasalnya baik kekurangan maupun kelebihan berat badan akan berdampak pada Si Janin.
  3. Selama kehamilan saya kerap buang gas, apakah hal ini normal? Perubahan hormon memang mengganggu fungsi pencernaan. Pada awalnya Anda akan mengalami morning sickness, namun saat tubuh sudah beradaptasi dengan kehamilan, Anda akan merasa perut bergas dan kerap buang angin. Kesimpulannya hal tersebut sangat normal dialami calon mama kok.
  4. Benarkah paska melahirkan saya akan kesakitan saat bercinta? Hal tersebut tergantung pada Anda Mams, dan tentunya bercinta pertama kali setelah melahirkan akan membuat Anda takut. Proses menyusui juga menyebabkan produksi lubrikan berkurang. Untuk mengatasinya, Anda bisa membeli lubricant gel sehingga tidak mengalami rasa sakit saat penetrasi dilakukan.

Benarkah saya akan sulit mengontrol buang air kecil setelah melahirkan? Memang benar Mams, paska melahirkan sistem pengontrol buang air kecil akan berkurang. Untuk mengatasinya, Anda harus senam kegel.Namun jika paska melahirkan nanti Anda betul-betul kesulitan mengontrol buang air kecil, ada baiknya kunjungi dokter saja. Tidak perlu malu ya Mams, demi kenyamanan Anda sendiri, bukan? (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

 

Shares