Mind

Kebiasaan yang Bisa Jadi Penyebab Stres Anda

By  | 

Stres merupakan hal yang ingin dihindari semua orang. Terkadang, refreshing sejenak sudah dapat menghilangkan stres yang melanda. Namun, bila stres yang mamas rasakan hampir terjadi setiap hari, maka Anda harus mencari tahu penyebabnya. Bisa jadi tanpa disadari, kebiasaan sehari-hari Andalah yang justru jadi penyebabnya. Lalu apa saja sih, kebiasaan pemicu stres? Simak artikel berikut ini.

  1. Kurang tidur. Tak hanya mengantuk,  kurang tidur juga dapat menimbulkan efek lainnya. Seperti tubuh menjadi lesu atau stres di pagi hari. Kerja pun jadi tak fokus dan jauh dari produktif.
  2. Terlalu lama memakai gadget. Menatap layar telepon dalam waktu lama sebelum tidur juga bisa membuat Anda stres. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa para ahli menyarankan agar kita mematikan semua gadget setidaknya satu jam sebelum tidur. Selain karena akan menyiksa penglihatan Anda yang memang sudah waktunya istirahat, hal-hal yang tak berkenan bagi Anda di sosial media, walau tampaknya sepele, namun kadang tanpa disadari ini juga berpotensi membuat Anda stres.
  3. French fries lovers. Bukannya membantu meredakan stres, tingginya kandungan garam dalam kentang goreng juga bisa mendorong stres untuk jangka waktu lama. Jadi, daripada memesan seporsi besar french fries, lebih baik Anda meminum segelas cokelat hangat yang lezat untuk memperbaiki mood Anda.
  4. Terlalu banyak kafein. Bila Anda penggemar kopi, dan cukup banyak mengonsumsinya setiap hari, maka sebaiknya Anda mengurangi frekuensinya, Mams. Terlalu banyak kafein justru membuat Anda lebih mudah stres dan panik.

  5. Kurang olahraga. Bagi Anda yang seringkali tak sempat berolahraga, cobalah tetap menyisihkan sebagian waktu Anda untuk berolahraga. Olahraga dapat melepaskan endorfin yang merupakan senyawa kimia alami yang bisa mengurangi rasa cemas, stres, hingga rasa sakit. Bagi yang sibuk, Anda masih bisa kok menyempatkan diri  berolahraga di malam hari.
  6. Gemar menunda. Menunda pekerjaan hanya akan berujung pada kepanikan. Pekerjaan akan semakin menumpuk, dan membuat Anda semakin stres! Atur kembali manajemen waktu Anda dengan baik. Dan hindari menyelesaikan pekerjaan di detik terakhir sebelum masa deadline berakhir.
  7. Terlalu memikirkan hal kecil. Jangan terlalu memikirkan hal-hal kecil yang hanya akan menambah beban pikiran Anda, Mams. Kebiasaan selalu khawatir pada sesuatu ini akan meningkatkan ketegangan di kepala Anda. Orang semacam ini selalu panik dan tidak bisa santai menghadapi sesuatu, sehingga lebih rentan terhadap stres. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares