Health

Tip Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala Si Kecil

By  | 

Sama dengan wajah, rambut juga merupakan bagian tubuh yang langsung terlihat saat orang bertemu Si Kecil. Oleh karena itu, penting bagi Anda menjaga kesehatan maupun keindahan rambut anak. Selain itu, merawat rambut Si Kecil secara intensif juga dapat mencegahnya dari penyakit kulit kepala seperti ketombe atau timbulnya kutu rambut. Yuk ikuti langkah berikut agar rambut Si Kecil senantiasa sehat dan indah.

1. Pilih sampo tepat. Kulit kepala serta rambut Si Kecil masih sensitif, penting bagi Anda memilih sampo yang tak mengandung banyak zat kimia. Kini banyak produk menawarkan sampo organik yang dapat dipilih. Jangan tergiur sampo anak berkemasan karakter kartun favoritnya ya Mams, sebab kita belum mengetahui apa saja yang terkandung dalamnya. Pelajari dengan seksama, karena beberapa zat kimia seperti anionics dapat menyebabkan rambut Si Kecil kering.
2. Perhatikan durasi dalam mencuci rambut. Jika Si Kecil masih bayi dan Anda tinggal di area cukup sejuk, cuci rambut dan kulit kepala dua kali dalam satu minggu sudah cukup. Untuk usia toddler atau pre-schooler harus disesuaikan dengan aktivitas mereka. Jika ia banyak main di luar rumah, Anda harus mencuci ranbutnya setiap hari.
3. Perhatikan cara menyisir rambut Si Kecil. Setelah mandi atau cuci rambut, sebaiknya Anda mulai menyisir rambut Si Kecil dengan cara berikut:
. Gunakan sisir dengan jarak gigi lebar. Hal ini mencegah rambut untuk stuck saat disisir.
. Lakukan dengan lembut. Jangan memaksa menyisir rambut yang kusut. Sebaiknya dirapikan dulu dengan tangan baru lanjutkan dengan sisir. Jangan lupa juga membersihkan sisir anak dengan air hangat seminggu sekali.
4. Menggunting rambut. Meskipun ingin rambut Si Kecil tumbuh panjang, secara berkala Anda tetap harus merapikan rambut Si Kecil dengan memotong bagian bawah rambut dan merapikannya sedikit. Jika Anda memutuskan menggunting rambut Si Kecil sendiri, pastikan alat yang Anda gunakan steril. Apabila menggunakan jasa salon, pilih salon anak ya Mams agar bahan pembersih yang digunakan memang khusus untuk anak. Jangan lupa mengingatkan hairstylist untuk membersihkan alat cukur atau gunting terlebih dahulu.
5. Merawat dengan bahan alami. Bahan alami seperti lidah buaya, kemiri, atau seledri juga dapat menjaga kesehatan dan kelembapan rambut serta kulit kepala. Oleskan getah lidah buaya atau minyak kemiri juga seledri di kulit kepala Si Kecil satu atau dua minggu sekali. Selain sehat rambutnya akan nampak lebih berkilau.
6. Hairstyling. Dalam beberapa acara, terkadang Anda membutuhkan Si Kecil tampil beda. Misalnya acara pesta atau performance. Gunakan gel rambut khusus anak yang kini sudah banyak dijual di gerai maupun online. Biasanya anak laki-laki ingin rambutnya seperti Sang Papa jika ada acara khusus. Nah untuk gadis kecil Anda tersedia juga hairspray khusus anak yang aman untuk digunakan.
7. Konsumsi makanan sehat. Kesehatan dan kesegaran rambut anak juga tergantung pada asupannya. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan pada anak agar rambutnya kian mengilap. Selain rambut dan kulit kepala, konsumsi asupan sehat juga dapat menjaga kesehatan kulit Si Kecil. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares