Pleasure

Wisata Budaya ke Saung Angklung Mang Udjo

By  | 

Bandung merupakan daerah tujuan wisata yang lazim bagi warga Jabodetabek saat akhir pekan tiba. Selain untuk berwisata kuliner, Anda juga bisa berwisata budaya di Kota Kembang ini. Salah satunya dengan mengajak Si Kecil ke Saung Angklung Mang Udjo.

Tempat wisata yang berlokasi di BandungTimur ini didirikan budayawan sunda yang bernama Udjo Ngalagena bersama istrinya Uum Sumiati. Mereka berdua memiliki cita-cita memelihara serta mempertahankan alat musik tradisional angklung dan sebagai salah satu tempat cagar budaya sunda di Jawa Barat. Tempat wisata ini boleh dibilang satu-satunya tempat pusat kesenian tradisional angklung yang menyajikan atraksi pagelaran memainkan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu beserta proses pembuatannya dalam satu kawasan wisata.

saung-angklung-udjo (1)

Tempat ini mampu menarik minat banyak sekali wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal ini terbukti dengan selalu ramainya saung Udjo Bandung setiap kali ada pementasan kesenian musik angklung.

Ragam Kesenian Sunda

Ada beberapa kegiatan yang dapat Anda nikmati bersama keluarga di sini, antara lain:
– Permainan musik angklung yang dimainkan anak-anak didik Mang Udjo. Mereka memiliki keterampilan luar biasa. 
– Arumba, yaitu perpaduan antara musik tradisional khas sunda angklung yang diiringi dengan tarian khas sunda. Perpaduan musik yang sangat merdu dan indah.
– Wayang golek, salah satu kesenian asli urang sunda yang terkenal dengan Si Cepot dan Dewala ini disuguhkan selama 10-15 menit dengan konsep cerita rakyat yang lucu.
– Tarian sunda seperti Jaipongan.

Pagelaran seni di Saung Angklung Udjo yang paling berkesan adalah ketika Anda dan pengunjung lainnya diajak memegang sekaligus memainkan alat musik tradisonal Angklung secara langsung. Tiap pengunjung diberikan sebuah angklung, dan diberikan tugas memainkan satu buah nada yang nantinya akan dimainkan dan dipadukan secara serempak dengan seluruh pengunjung yang telah diberi arahan untuk memainkan nadanya masing-masing secara bersamaan. Seru, ya!

Fasilitas lain yang terdapat di area Saung Angklung Mang Udjo, antara lain:
1. Penginapan. Sebagai kawasan wisata budaya berkonsep One Stop Holiday, Saung Angklung Udjo juga memiliki fasilitas penginapan. Bagi Anda yang masih ingin menikmati suasana wisata budaya sunda yang eksotis ini bisa menginap atau bermalam di sini. Adapun untuk harga sewa kamarnya berkisar antara Rp 300.000 sampai Rp 900.000/ malam.
2. Toko souvenir. Di sini Anda juga bisa membeli oleh-oleh atau cendera mata berupa berbagai macam kerajinan tangan seperti tas, sandal, wayang golek, gantungan kunci, serta angklung tentu saja. (Yosi Avianti/LD/Photo: Various)

Shares