Mind

Manfaat Me Time dengan Berkebun

By  | 

Salah satu hobi sekaligus ‘me time’ yang sering dikaitkan dengan ‘usia tua’ adalah berkebun. Biasanya para nenek gemar dengan kegiatan satu ini. Padahal, menghabiskan waktu dengan mengurus tanaman juga menyenangkan lho, Mams karena banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, seperti yang berikut ini.

1. Memerangi depresi. Depresi terjadi sebagai akibat stres berkepanjangan yang tidak diatasi. Dan hal ini sebetulnya bisa diatasi dengan berkebun lho. Ini diungkapkan oleh Sir Richard, salah seorang Pembina dari Thrive, yaitu salah satu badan amal di Inggris yang menyediakan terapi berkebun untuk siapa saja. “Terapi dengan menggunakan obat untuk atasi depresi bisa jadi mengeluarkan uang yang tidak sedikit, tapi berkebun merupakan terapi yang jauh lebih murah dan aman,” ucapnya.

2. Anda akan berolahraga secara tidak langsung. Apakah Anda termasuk wanita yang jarang berolahraga? Nah, mengapa tidak ‘menggantinya’ dengan berkebun? Tanpa Anda sadari, saat menyiram, memupuk, atau menyiangi batang tanaman yang busuk atau terkena hama, Anda akan melakukan gerakan-gerakan seperti membungkuk, berjongkok, hingga stretching, bukan? Ini bisa jadi ‘bonus’ yang baik bagi kesehatan tubuh Anda, Mamas.

3. Mengurangi kadar stres. Melihat bunga atau buah di kebun Anda yang mulai bermekaran sepulang kantor tentu akan membuat Anda senang kan? Secara tidak langsung, hal ini bisa mengurangi kadar stres yang mungkin Anda rasakan setelah berkutat dengan tumpukan pekerjaan. Ciumlah aroma bunga yang mulai mekar dan tenangkan pikiran Anda. Perlahan-lahan stres menjauh deh…

4. Meningkatkan kualitas tidur. Anda yang memiliki masalah sulit tidur, cobalah untuk rutin mencoba hobi satu ini. Sebuah penelitian yang melibatkan orang yang mengalami masalah tentang kecemasan ternyata memiliki kualitas tidur yang jauh lebih baik setelah mereka aktif berkebun atau berinteraksi dengan alam.

5. Memperbaiki kualitas hubungan dengan orang lain. Berkebun membuat Anda akan memiliki rasa cinta pada mahluk hidup lain selain manusia, yaitu tanaman. Tanpa disadari, hal ini bisa membuat rasa peduli Anda pada orang lain khususnya pasangan dan keluarga juga otomatis meningkat. Dengan kata lain, merawat tanaman ternyata bisa membantu memperbaiki kualitas hubungan Anda dengan orang-orang terdekat Anda. Menarik bukan? (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares