Health

Makanan dan Minuman untuk Si Kecil yang Radang Tenggorokan

By  | 

Saat musim pancaroba seperti sekarang ini, seringkali Si Kecil mudah terserang radang tenggorokan. Meski begitu, Anda tetap harus memberikan ia makanan dan minuman bergizi agar daya tahan tubuhnya tetap kuat dan kesehatannya kembali pulih. Nah Mams, saat Si Kecil rewel dan menolak makan serta minum yang Anda berikan cobalah berikan asupan sebagai berikut.

1. Jus buah. Meski menolak makan dan minum karena rasa sakit di tenggorokan, usahakan Si Kecil tetap mendapatkan cairan cukup. Jus buah segar yang tidak asam seperti jus pepaya, semangka, melon, atau alpukat bisa Anda diberikan sedikit demi sedikit ya, Mams.

2. Susu. Asupan susu harus tetap terpenuhi. Berikan Si Kecil susu hangat dengan menggunakan sedotan untuk memudahkan ia meminumnya. Anda bisa berikan secara bertahap jika Si Kecil  belum mau meminumnya karena bisa memicu muntah. Nutrisi yang tergantung pada susu sangat baik untuk mengembalikan daya tahan tubuh saat sedang terserang radang.

3. Makanan lunak. Berikan bubur nasi, yoghurt buah, biskuit, atau telur rebus untuk mencukupi asupan harian nutrisinya. Cobalah berikan sedikit-sedikit agar tidak menimbulkan rasa nyeri di tenggorokan Si Buah Hati. Hindari makanan yang keras dan rasanya asam agar tidak sakit saat ditelan.

4. Sup. Sup ayam atau cream sup bisa menjadi salah satu alternatif saat Si Kecil menolak makanan bertekstur keras. Berikan sup  berisi ayam atau daging sapi yang dicincang halus. Lalu cincang kecil kentang, wortel, atau buncis agar mudah ditelan. Atau, buatlah sup krim dari jagung, labu, atau kacang polong.

5. Puding. Sebagai camilan, berikan puding cokelat susu yang lezat. Atau bisa juga Anda membuat silky puding yang pasti disukai Si Kecil karena teksturnya yang sangat lembut. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares