Health

Vitamin C untuk Calon Mama

By  | 

Ketika berbadan dua, Anda memang harus lebih memerhatikan tiap nutrisi yang Anda asup. Setiap makanan tersebut harus memiliki zat penting yang dibutuhkan Anda dan Si Janin, termasuk vitamin C. Dikenal juga sebagai ascorbic acid, vitamin ini penting untuk membantu memperbaiki sel yang rusak, membantu proses penyembuhan luka, pertumbuhan tulang, hingga untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, vitamin C bisa membantu tubuh melawan infeksi, serta berfungsi sebagai antioksidan.

Berdasarkan sebuah penelitian, kekurangan vitamin C pada Janin akan berpengaruh pada perkembangan mentalnya setelah ia lahir nanti. So, penuhi kebetuhan vitamin C per hari Anda saat hamil yaitu sebesar 85 mg ya, Mams to be.

Sumber Vitamin C

Buah sitrus atau yang bercitarasa asam memiliki kandungan vitamin C tinggi, tetapi sayuran berdaun hijau lain pun merupakan sumber vitamin C yang baik. Namun, karena proses pematangan atau pemanasan dapat merusak vitamin C, maka cara terbaik mendapatkan vitamin C adalah dengan mengonsumsinya dalam keadaan fresh atau segar ya.

Berikut daftar makanan yang kaya vitamin C:
1. 236 ml jus jeruk : 124 mg.
2. 236 ml jus jeruk bali : 94 mg.
3. 1 buah kiwi: 70 mg.
4. 1/2 cangkir stroberi: 49 mg.
5. 1/2 cangkir brokoli rebus: 51 mg.
6. 1/2 cangkir pepaya potong: 43 mg.
7. 1/2 cangkir mangga potong: 23 mg.
8. 1/2 cangkir rasberi: 16 mg.
9. 1/2 cangkir tomat ceri: 10 mg.
10. 1 buah kentang panggang dengan kulit: 20 mg.

Tanda Bila Kekurangan Vitamin C

Bagaimana, Mamas to be? Tidak sulit kan mendapatkan asupan vitamin C? Nah, bagaimana ciri tubuh yang kekurangan vitamin ini? Kulit kering, gusi berdarah, rambut kering, dan susah saat menelan makanan. Nah, pastikan Anda tak mengalaminya ya. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares