Parenting

Tip Mengatasi Gaya Pengasuhan Nenek Vs Mama

By  | 

Pola pengasuhan Si Kecil memang kerap jadi perdebatan dalam keluarga. Anda yang sudah hidup di masa kini merasa informasi dan pengetahuan yang Anda dapat melalui buku, teman maupun hasil browsing internet merupakan yang terbaik bagi anak. Namun lain lagi dengan ibu dan mertua Anda yang merasa lebih berpengalaman dalam mengasuh anak dan cucu. Nah, untuk menjembatani perbedaan gaya pengasuhan tersebut, apa yang harus dilakukan?

  • Jadilah pendengar yang baik. Apapun yang dikatakan ibu atau mertua seputar pola pengasuhan Anda terhadap Si Kecil, sebaiknya Anda tampung dulu. Jangan terburu-buru men-judge salah atau pola pengasuhan yang mereka terapkan sudah kuno. Bagaimanapun juga mereka memang sudah berpengalaman kan, Mams.
  • Pilah mana yang baik dan tidak. Bandingkan hasil temuan Anda dengan nasihat para nenek Si Kecil. Pilah mana yang baik dan tidak, dengan begitu Anda dapat menerapkan aturan pasti atau fix bagi Si Kecil.
  • Anda tetaplah penentu. Meskipun Anda mengambil beberapa nasihat dari ibu maupun mertua, namun Anda dan pasangan tetap memegang kendali dalan mengasuh Si Kecil. Anak Anda adalah tanggung jawab Anda, oleh karena itu Anda berdualah yang berkewajiban dan berhak menentukan pola asuh yang ingin diterapkan.
  • Komunikasikan secara baik dan sopan. Terkadang orangtua memang lebih sensitif dan mudah tersinggung, apalagi Anda dianggap sebagai anak yang pengalamannya masih sedikit dibandingkan beliau. Nah agar pola asuh yang ingin terapkan pada Si Kecil dapat diterima dengan baik oleh ibu maupun mertua Anda, ajak mereka berbincang santai kemudian komunikasikan pola asuh yang Anda inginkan kepada mereka secara halus namun tegas. Bila perlu sertakan beberapa bukti atau sumber akurat. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares