Mind

Smart Mama Story : Berbagi Peran dengan ART

By  | 
Peran Asisten Rumah Tangga (ART) memang sangat penting, karena bisa membantu Anda mengurus pekerjaan rumah tangga sekaligus membantu mengasuh Si Buah Hati, apalagi jika Anda seorang ibu bekerja. Berikut adalah cerita dari para Smart Mama tentang pembagian tugas dengan ART.
“Saya adalah ibu dua orang anak yang masih kecil.Tentu saja tanpa bantuan ART saya akan kerepotan mengurus semuanya. Saat ini saya memiliki dua orang ART yang siap membantu. Pembagian tugas biasanya saya rolling setiap tiga bulan sekali. Ada yang bertugas memasak, mencuci baju, dan menyetrika, dan ada juga yang bertugas merapikan rumah serta mengasuh anak.”
Kiara, 27 tahun, mama dari Reva, 6 dan Mela 4
“Saya ibu rumah tangga yang memiliki satu orang ART. Saya hanya memberi tugas mengurus pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci baju, menyetrika, dan membersihkan rumah. Untuk memasak dan mengurus anak tetap saya yang pegang. “
Vira, 30 tahun, mama dari Jeslin 4
“Saat ini saya memiliki dua orang ART. Biasanya saya membagi tugas sesuai keahliannya. Misalnya, ada yang senang memasak, atau ada yang lebih suka mengurus anak-anak. Karena saya masih memiliki bayi, seluruh tugas rumah tangga saya serahkan semua pada ART.
Henna, 32 tahun, mama dari Nadia, 5 dan Lana, 6 bulan
Tip Berbagi tugas dengan ART
 
1. Mencatat beberapa tugas. Sebaiknya Anda mencatat beberapa tugas rumah tangga yang harus dilakukan. Buatlah daftar pekerjaan harian atau mingguan yang rinci sehingga ART tahu apa yang harus dikerjakan. Misalnya, merapikan rumah, mencuci dan menyetrika baju, belanja bulanan, memasak, mencuci piring, membersihkan halaman, dan lainnya.
2. Membagi tugas. Urutkan pekerjaan dari yang mudah, sedang, dan sulit dengan mempertimbangkan berapa lama waktu  yang dihabiskan, seberapa beratnya, dan seberapa sering harus dilakukan. Pertimbangkan juga apakah ada cara yang bisa dilakukan membuat pekerjaan tersebut lebih mudah dikerjakan. Misalnya, apakah saat membersihkan lantai bisa menggunakan vacuum cleaner atau mengunakan pembersih lantai biasa. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares