Education

Kenali Minat dan Bakat Si Kecil, Yuk

By  | 

Anda tentu sering mendengar orang berkata, “Apa minat anak Anda,Bu?”, atau “Kira-kira apa bakat Si Kecil?”. Nah sebelum menjawabnya, Anda harus tahu bahwa bakat dan minat memiliki pengertian berbeda. Minat adalah suatu kondisi ketika anak menyukai akan sesuatu, tetapi belum tentu ia memiliki kemampuan tersebut. Misalnya, Si Kecil menyukai seni musik dan segala hal yang berkaitan dengannya, namun belum tentu ia bisa bernyanyi. Sedangkan bakat anak adalah suatu kemampuan atau pun kompetensi yang sudah dimiliki Si Kecil. Berikut beberapa  tip yang bisa Anda tahu untuk mengetahui minat dan bakat Si Kecil sejak dini.

  1. Bakat terpendam. Amati pola bakat yang ada di masing-masing keluarga besar, dari Anda dan suami. Bakat bagaikan ‘berlian’ yang terpendam. Misalnya, Anda dan suami memiliki potensi dan bakat di bidang musik. Bisa saja potensi ini menurun pada Si Kecil. Apakah ia suka dengan alat musik atau ia tertarik dengan olah vokal. Nah, Anda bisa lihat dari ketertarikannya pada hal ini. 
  2. Komunikasi dan rangsangan. Ajak Si Kecil berbicara tentang berbagai hal di luar pelajaran sekolah. Dari seringnya Si Kecil menceritakan hal yang ia sukai secara terus menerus akan terlihat minatnya.
  3. Beri perhatian. Sebagai orangtua, luangkan waktu Anda sejenak dengan memberikan saran dan prasarana untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Buatlah suasana yang mendukung Si Kecil agar bisa mewujudkan bakatnya tersebut. Untuk mengasah minatnya, Anda juga dapat merangsang minatnya. Misalnya ia tertarik melukis, ajak ia ikut berbagai lomba, atau jika ia menyukai tarian tradisional, Anda bisa memasukannya ke dalam sanggar tari.
  4. Komitmen dan konsisten. Jika bakat Si Kecil tidak diasah, tentu akan menjadi percuma dan sia-sia. Untuk mengasah bakat memang diperlukan waktu dan juga latihan secara tekun, disiplin, ulet, dan tidak mudah bosan. Ibaratnya tanaman yang selalu membutuhkan air dan pupuk agar tumbuh menjadi bunga yang indah, bukan? (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares