Health

7 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Anda

By  | 

Apakah Anda salah satu pencinta cokelat? Jika ya, Anda patut bersyukur nih, Mamas. Pasalnya, makanan atau minuman satu ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita lho. Bahkan para peneliti dari University of California-San Diego menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi cokelat akan membantu Anda untuk tetap langsing dan memiliki BMI (Body Mass Index) yang lebih rendah, dibandingkan mereka yang tak rutin makan cokelat. Lantas selain itu, apa lagi manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari konsumsi cokelat?

1. Mengurangi risiko stroke. Sebuah penelitian di Swedia menemukan bahwa jika rutin mengonsumsi 45 gr cokelat dalam seminggu, maka risiko Anda sebagai wanita untuk mengalami stroke berkurang hingga 20 %. Ini karena dalam cokelat ada zat bernama flavonoids, yaitu antioksidan yang membantu memerangi stroke.

 2. Meminimalisasi risiko serangan jantung. Penelitian lain mengatakan, mengonsumsi cokelat juga bisa mencegah terjadinya pembekuan darah yang berisiko pada timbulnya serangan jantung.

3. Mencegah timbulnya kanker. Kokoa atau cokelat memiliki kandungan pentameric procyanidin or pentamer yang dapat menghalangi sel kanker untuk menyebar.

4. Mengurangi risiko diabetes. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of L’Aquila, Italia, menemukan bahwa mengonsumsi cokelat bisa meningkatkan sensitivitas insulin sehingga mengurangi risiko terjadinya diabetes.

5. Menjaga kecantikan kulit. Selain untuk kesehatan tubuh, dark chocolate juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit Anda, lho. Zat flavonoids di dalamnya bisa melindungi kulit wanita dari sinar UV, demikian kata sebuah penelitian dari Jerman. Walau demikian bukan berarti Anda jadi sama sekali tidak memakai sunscreen ya!

6. Meringankan batuk. Salah satu cara ‘lezat’ untuk membantu meringankan batuk adalah makan cokelat. Kandungan berasa manis dalam cokelat yaitu theobromine, mampu mengurangi kadar keaktifan saraf vagus, salah satu bagian dari otak yang memicu munculnya batuk.

7. Memperpanjang umur. Manusia yang pernah hidup terlama di dunia, Jeanne Louise Calment (meninggal di usia 22 tahun), ternyata mengonsumsi 250 gr dark chocolate setiap minggu. Dan Harvard University juga menemukan bahwa rutin makan cokelat bisa memperpanjang usia anda hingga dua tahun dibanding Anda yang tidak makan cokelat. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

 

 

Shares