Mind

Manfaat Positif dari Bersikap Egois

By  | 

Apa yang ada di dalam benak Anda ketika mendengar kata ‘Egois’? Apakah sesuatu yang buruk atau yang baik? Kebanyakan orang akan berpikir bahwa egois adalah sebuah sikap yang tak baik alias negatif, sehingga sebaiknya tidak ada dalam diri Anda. Tapi ternyata, tidak demikian menurut Melissa Deuter, clinical assistant professor of psychiatry at the University of Texas Health Science Center, San Antonio.

“Egois sebetulnya memiliki dua arti yang berbeda. Konotasi pertama berarti sikap yang menunjukkan Anda seseorang yang hanya mengutamakan kepentingan diri sendiri tanpa peduli pada hak orang lain. Arti  kedua adalah saat Anda tahu bagaimana memperlakukan diri Anda secara pribadi baik secara fisik maupun non fisik dan ini baik untuk perkembangan diri Anda sebagai orang dewasa,” ucap Melissa.

Nah, pengertian egois yang positif inilah yang memberi manfaat baik untuk kepribadian Anda. Apa saja ya keuntungan bersikap egois? Ini dia nih, Mams.

1. Anda akan merasa lebih sehat.
Orang yang egois cenderung lebih bisa mengurus dirinya dengan maksimal dibanding Anda yang ‘kurang egois’. Ini karena Anda selalu punya waktu lebih banyak untuk diri sendiri dibandingkan ‘mengurusi’ orang lain. Anda akan lebih memerhatikan kesehatan Anda, mulai dari dengan lebih giat berolahraga hingga rutin mengonsumsi makanan bernutrisi.

2. Anda cenderung lebih percaya diri.
Sebuah penelitian mengemukakan bahwa orang yang egois biasanya lebih berhasil dalam karier karena ia cenderung memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Orang yang egois tidak malu untuk meminta promosi karena ia selalu ingin mencapai kesuksesan lebih tinggi.

3. Anda akan memiliki hubungan yang lebih baik dengan pasangan. Meski kedengarannya ‘Masak sih?”, tapi ternyata, orang yang egois atau peduli pada diri sendiri akan peduli juga pada orang lain. Seperti ada ungkapan yang mengatakan “Cintailah dirimu sebelum engkau mencintai orang lain.” So, tak selamanya egois itu benar-benar berkonotasi jelek kan, Mams?

4. Anda akan merasa lebih bahagia
. Orang yang egois akan menyisihkan waktu untuk diri sendiri ataupun ‘me time’, bagaimanapun caranya. Ini artinya Anda adalah orang yang menghargai tinggi diri Anda sehingga akan membentuk positive attitude yang akan tertanam dalam benak Anda.(Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares